LESTARI, ARIESTIA AYU (2017) PENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN UNSUR CERITA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CIRC DI KELAS V SD NEGERI KARANGROTO 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI_1.pdf Download (611kB) | Preview |
|
Text
bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
||
Text
BAB II.doc.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
||
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI_1.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
COVER_1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada 2 siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan subjek siswa kelas VB SD Negeri Karangroto 01. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, observasi, wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan membaca pemahaman pada siklus I ke siklus II, pada siklus I ketuntasan klasikalnya adalah 76% dengan kategori tinggi dan pada siklus II ketuntasan klasikalnya adalah 88% dengan kategori sangat tinggi. Adanya peningkatan juga terjadi pada aktvitas guru dan aktivitas siswa, hasil observasi terhadap aktivitas guru dalam pembelajaran siklus I diperoleh skor rata-rata 15,5 dengan kategori cukup dan pada siklus II diperoleh jumlah skor dengan rata-rata 20,5 dengan kategori baik. aktivitas siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I pertemuan 1 memperoleh jumlah skor 435 dan pada siklus I pertemuan 2 memperoleh jumlah skor 465, sehingga medapatkan skor rata-rata 450 dengan kategori baik. pada siklus II pertemuan 1 memperoleh jumlah skor 483 dan pada siklus II pertemuan 2 memperoleh jumlah skor 523. Hal ini dapat dikatakan bahwa aktivitas siswa sudah sangat baik. Dengan demikian aktivitas guru dan aktivitas siswa dapat mempengaruhi hasil dari pemahaman siswa sehingga nilai siswa juga meningkat. Dari deskripsi di atas dapat disimpulkan penelitian ini yaitu model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dalam mengidentifikasi unsur cerita. Saran penelitian ini sebaiknya guru menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia. Kata Kunci : Membaca Pemahaman, pembelajaran kooperatif, Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 02:44 |
Last Modified: | 24 Nov 2017 02:44 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7984 |
Actions (login required)
View Item |