Nurfadhillah, Oktavia (2017) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI KELAS IV SD NEGERI BRANJANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
1. Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (253kB) | Preview |
|
Text
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) |
||
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (548kB) |
||
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) |
||
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (98kB) | Preview |
|
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (851kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dan pemahaman konsep matematika siswa melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning di kelas IV SD Negeri Branjang Ungaran Barat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Pelaksanaannya terdiri dari dua siklus dengan dua kali pertemuan pada setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan Kreativitas dan pemahaman konsep matematika pada siswa. Kreativitas siswa pada siklus I memperoleh persentase rata-rata 58% dengan kriteria cukup. dan pada siklus II terjadi peningkatan kretivitas siswa yang baik yaitu memperoleh persentase rata-rata 77,25% dengan kriteria baik. Sedangkan pemahaman konsep matematika siswa pada siklus I diperoleh rata-rata kelas 75,31 dengan ketuntasan belajar 67% kriteria baik dan pada siklus II terjadi peningkatan pemahaman konsep mateematika dengan rata-rata 83,7 dan ketuntasan belajar 87,5% kriteria sangat baik. Jadi dapat dikatakan nilai pemahaman konsep matematika sudah memenuhi indikator yaitu persentase ketuntasan >80%. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Kata Kunci : Kretivitas, pemahaman konsep matematika, model pembelajaran Contextual Teaching and Learning
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 02:43 |
Last Modified: | 24 Nov 2017 02:43 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7962 |
Actions (login required)
View Item |