PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MODEL PICTURE AND PICTURE MENGGUNAKAN MEDIA KARTU GAMBAR PERISTIWA PADA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM AL-AMIN BONANG DEMAK

Oktavia, Luk Luk (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MODEL PICTURE AND PICTURE MENGGUNAKAN MEDIA KARTU GAMBAR PERISTIWA PADA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM AL-AMIN BONANG DEMAK. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (876kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.BAB I.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text
6.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text
5.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
8.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text
7.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci : menulis berita, model pembelajaran picture and picture, media kartu gambar peristiwa. Berdasarkan hasil observasi awal keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Islam Al-Amin masih tergolong rendah karena belum semua siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70 dan perlu ditingkatkan. Permasalahan yang menyebabkan rendahnya keterampilan menulis teks berita diantaranya siswa mengalami kesulitan kurangnya ide atau kurang percaya diri dalam menuangkan kata-kata yang akan ditulis. Selain itu, pembelajaran yang digunakan guru masih secara konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimana peningkatan keterampilan menulis teks berita siswa, (2) bagaimana perubahan perilaku siswa, (3) bagaimana meningkatkan motivasi siswa kelas VIII SMP Islam Al-Amin Bonang Demak dengan model picture and picture menggunakan media kartu gambar peristiwa. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks berita siswa, mendeskripsikan perubahan perilaku siswa, dan mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Islam Al-Amin Bonang Demak dengan model picture and picture menggunakan media kartu gambar peristiwa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan empat siklus, yaitu prasiklus, siklus I, siklus II, dan siklus III dengan batas ketuntasan minimal 70. Setiap siklus terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi. Subjek dalam penelitian adalah keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Islam Al-Amin Bonang Demak. Penelitian ini menggunakan tiga variabel yaitu keterampilan menulis teks berita, model picture and picture, dan media kartu gambar peristiwa.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa menulis teks berita dan teknik nontes berupa, observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi data kuantitatif dan data kualitatif. Peningkatan hasil tes siswa dapat dilihat dari dari hasil tes pada prasiklus mendapatkan nilai rata-rata 52,59, siklus I mendapatkan nilai rata-rata 71,59, siklus II mendapatkan nilai rata-rata 80,18, dan siklus III mendapatkan nilai rata-rata 90. Sehingga terjadi peningkatan prasiklus ke siklus I sebesar 19,00, dari siklus I ke siklus II sebesar 8,59, dan dari siklus II ke siklus III sebesar 41. Hasil nontes observasi sikap prasiklus siswa mendapatkan rata-rata sikap kurang, siklus I siswa mendapatkan rata-rata sikap baik, siklus II siswa mendapatkan rata-rata sikap baik, dan siklus III siswa mendapatkan rata-rata sikap baik sekali. Hasil nontes observasi motivasi prasiklus siswa mendapatkan rata-rata motivasi cukup, siklus I siswa mendapatkan rata-rata motivasibaik, siklus II siswa mendapatkan rata-rata motivasi baik, dan siklus III siswa mendapatkan rata-rata motivasibaik sekali. Angket sikap prasiklus mendapatkan nilai rata-rata 69,16%, siklus I mendapatkan nilai rata-rata 77,03%, siklus II mendapatkan nilai rata-rata 78,65%, dan siklus III mendapatkan nilai rata-rata 82,96%.Angket motivasi prasiklus mendapatkan nilai rata-rata 79,33%, siklus I mendapatkan nilai rata-rata 84,18%, siklus II mendapatkan nilai rata-rata 85,55%, dan siklus III mendapatkan nilai rata-rata 89,96%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, membuktikan bahwa keterampilan menulis teks berita dengan model picture and picture menggunakan media kartu gambar peristiwa terbukti siswa mengalami peningkatan nilai, perubahan sikap, dan peningkatan motivasi dari prasiklus hingga siklus III. Penulis menyarankan kepada guru agar menggunkan model picture and picture dan media kartu gambar peristiwa dalam pembelajaran menulis teks berita. Bagi siswa hendaknya memiliki semangat yang luar biasa dan berperilaku sangat baik dalam pembelajaran menulis teks berita, sehingga siswa dapat berpikir kritis, analitis, dan kreatif dalam menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas. Bagi peneliti lain sebaiknya menggunakan sebuah penelitian dengan model dan media yang berbeda lebih inovatif, variatif, dan kreatif lagi dalam pembelajaran menulis teks berita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 24 Nov 2017 02:38
Last Modified: 24 Nov 2017 02:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7914

Actions (login required)

View Item View Item