KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SEGIEMPAT SISWA SMP NEGERI 20 SEMARANG

Agustina, Nila (2015) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SEGIEMPAT SISWA SMP NEGERI 20 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PULL TINA baru_1abstrak.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI PULL TINA baru_1COVER.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI PULL TINA baru_1daftar isi.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Agustina, N. 2015.Keefektifan Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Power Point Terhadap Hasil Belajar Materi Segiempat Siswa SMP Negeri 20 Semarang. Skripsi, Pendidikan Matematika. Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Pembimbing I. Imam Kusmaryono, S.Pd., M.Pd., pembimbingII. M. Abdul Basir, S.Pd, M.Pd. Kata kunci : Talking Stick, Power Point, Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh aktivitas dan motivasi siswa dalam pembelajaran talking stick berbantuan power pointterhadap hasil belajar, mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar antara siswa yang dikenai pembelajaran talking stick berbantuan power pointdan siswa yang dikenai pembelajaran konvensional dengan menggunakan metode ekspositori, serta mengetahui hasil belajar siswa yang dikenai pembelajaran talking stick berbantuan power pointmateri Segiempat pada siswa kelas VII semester 2 SMP Negeri 20 Semarang tahun pelajaran 2014/2015 mencapai kriteria ketuntasan minimal 75. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIsemester genap SMP Negeri 20 Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Penarikan sampel ditentukan dengan teknik random sampling, dan diperoleh siswa kelas VII E sebagai kelompok eksperimen (menggunakan pembelajaran talking stick berbantuan power point) yang berjumlah 32 orang dan siswa kelas VII D sebagai kelompok kontrol (menggunakan pembelajaran konvensional dengan metode ekspositori) yang berjumlah 32 orang. Penelitian dilakukan dalam empat kali pertemuan kelas eksperimen dan empat kali kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode Dokumentasi, metode observasi, metode tes, dan metode angket.Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif, Uji regresi linear berganda, dan uji t. Hasil penelitianmenunjukkan terdapat pengaruh aktivitas dan motivasi siswa dalam pembelajaran talking stick berbantuan power pointterhadap hasil belajar pada materi segiempat sebesar 96,5% dengan model regresi ganda Y=2,135+0,626X_1+0,435X_2yang bersifat linear. Kedua rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol benar-benar berbeda, artinya siswa pada kelas eksperimen mempunyai rata-rata hasil belajar yang lebih baik dari siswa pada kelas kontrol. Hasil analisi dengan Uji Independen 2 Sampel T-Test menunjukan t_hitung=3,580 dan t_(tabel )=1,999 untuk dk = n_1+n_2-2=62 dengan taraf signifikansi α=5% . Nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 87,69 dan kelas kontrol adalah 83,53. dengan perbedaan rata-rata sebesar 4,156. Nilai rata-rata hasil belajar kelas ekperimen 87,69 berada pada kategori tinggi, dengan melihat nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen yang mencapai kriteria ketuntasan minimal 75, maka pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran talking stick berbantuan power point sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar materi segiempat siswa kelas VII SMP Negeri 20 Semarang tahun pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Aug 2015 07:00
Last Modified: 24 Aug 2015 07:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/780

Actions (login required)

View Item View Item