KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTUAN MICROSOFT POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN STATISTIKA SISWA SMA

Afifah, Indah Munirotul (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTUAN MICROSOFT POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN STATISTIKA SISWA SMA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
FULL SKRIPSI_1abstrak.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FULL SKRIPSI_1cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FULL SKRIPSI_1daftar isi.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Afifah,I.M. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Microsoft Powerpoint terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Statistika Siswa SMA. Skripsi, Pendidikan Matematika Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Pembimbing 1. Imam Kusmaryono, S.Pd., M.Pd., II. Hevy Risqi Maharani, S.Pd., M.Pd Kata kunci: Jigsaw, Microsoft Powerpoint, Aktivitas, Motivasi, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh aktivitas dan motivasi terhadap hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran jigsaw berbantuan microsoft powerpoint, (2) perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran jigsaw berbantuan microsoft powerpoint dengan model pembelajaran STAD, (3) penggunakan model pembelajaran jigsaw mencapai kriteria minimum yang ditetapkan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi semua siswa kelas XI IPA di SMA N 1 Mranggen. Berdasarkan teknik random sampling diperoleh satu kelas eksperimen dengan pembelajaran jigsaw berbantuan microsoft powerpoint dan satu kelas kontrol dengan pembelajaran STAD pada materi statistika. Data penelitian diperoleh melalui: (1) observasi, (2) angket, dan (3) tes kemampuan kognitif. Untuk mengetahui pengaruh aktivitas dan motivasi terhadap hasil belajar digunakan uji regresi linier ganda, untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar digunakan uji t dua sampel, dan uji ketuntasan kriteria minimum dengan uji t satu sampel. Hasil uji keberartian diperoleh Fhitung= 49,974 dan Ftabel=3,26 sehingga Ho diterima artinya aktivitas dan motivasi memberikan persamaan regresi yang berarti. Besarnya pengaruh aktivitas dan motivasi terhadap hasil belajar sebesar 74,1% diperoleh dari R Square (indeks determinasi) Hasil uji Independent Samples Test nilai sig.(2 tailed) = 0,004 < 0,05 sehingga Ho ditolak, artinya kedua kelas memiliki rata-rata yang tidak sama atau berbeda. Hasil uji t diperoleh nilai sig.= 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak, artinya hasil belajar kelas eksperimen lebih dari sama dengan 75 dan mencapai kategori baik. Kesimpulan dari penelitian adalah aktivitas dan motivasi pada penerapan model pembelajaran jigsaw berbantuan Microsoft Powerpoint meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 4 semester 2 SMA N 1 Mranggen tahun ajaran 2014/2015 pada pokok bahasan statistika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Aug 2015 07:00
Last Modified: 24 Aug 2015 07:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/778

Actions (login required)

View Item View Item