KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PEER AND SELF ASSESSMENT BERBASIS KARAKTER ISLAMI TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI STATISTIKA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 SEMARANG

Hayati, Ayu Nur (2015) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PEER AND SELF ASSESSMENT BERBASIS KARAKTER ISLAMI TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI STATISTIKA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-Ayu Nur Hayati-PEND MATEMATIKA-FKIP_1abstrak.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI-Ayu Nur Hayati-PEND MATEMATIKA-FKIP_1cover.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI-Ayu Nur Hayati-PEND MATEMATIKA-FKIP_1daftar isi.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Hayati, Ayu Nur. 2015. Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Dengan Peer And Self Assessment Berbasis Karakter Islami Terhadap Hasil Belajar Materi Statistika Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Semarang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Pembimbing I. Imam Kusmaryono, S.Pd, M.Pd., Pembimbing II. Mohamad Aminudin, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: pembelajaran kooperatif, Peer and Self Assessment, karakter Islami, hasil belajar Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar dan perbedaan aktivitas siswa yang menggunakan Peer and Self Assessment tanpa karakter islami dengan siswa yang menggunakan Peer and Self Assessment dengan karakter islami, mengetahui adanya pengaruh signifikan aktivitas dan karakter kejujuran terhadap hasil belajar siswa, serta mengetahui bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan Peer and Self Assessment dengan karakter islamimencapai kategori baik pada materi Statistika kelas XI IIS SMA Negeri 6 Semarang tahun ajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS SMA Negeri 6 Semarang tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari tiga kelas. Sampel penelitian ini diambil secara random dari ketiga kelas yaitu kelas XI IIS 1, XI IIS 2, dan XI IIS 3. Kelas XI IIS 1 sebagai kelas eksperimen (menggunakan Peer and Self Assessment berbasis karakter islami), kelas XI IIS 2 sebagai kelas kontrol (menggunakan Peer and Self Assessment), dan kelas XI IIS 3 sebagai kelas uji coba. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas dan karakter kejujuran siswa pada kelas eksperimen memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar . Persamaan regresinya adalah ̂ vi . Ratarata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah dan kelas kontrol adalah . Terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar dan aktivitas siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen mencapai kategori baik. Kesimpulan yang diambil dari hasil penelitian adalah hasil belajar siswa dan aktivitas siswa kelas eksperimen lebih baik darikelas kontrol. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen mencapai kategori baik. Aktivitas siswa dan karakter kejujuran memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Aug 2015 03:53
Last Modified: 24 Aug 2015 03:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/765

Actions (login required)

View Item View Item