ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM NOVEL SEPATU DAHLAN KARYA KHRISNA PABICHARA DAN PENGAJARANNYA PADA SISWA SMP KELAS VIII

Apriliana, Indarti (2015) ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM NOVEL SEPATU DAHLAN KARYA KHRISNA PABICHARA DAN PENGAJARANNYA PADA SISWA SMP KELAS VIII. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
skripsi indarti_1abstrak.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi indarti_1cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi indarti_1daftar isi.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Apriliana, Indarti. 2015. Alih Kode dan Campur Kode Pada Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara dan Pengajarannya Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Islam Sultan Agung. Pembimbing I Evi Chamalah,S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Aida Azizah, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: alih kode, campur kode, dan pengajaran. Penelitian ini mengenai alih kode dan campur kode pada novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara dan pengajarannya pada siswa SMP Kelas VIII. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah wujud alih kode dan campur kode dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara serta pembelajaran alih kode dan campur kode pada siswa SMP Kelas VIII. Tujuan yang dicapai yakni mendeskripsikan wujud alih kode dan campur kode dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara serta mengetahui pembelajaran alih kode dan campur kode pada siswa SMP Kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data penelitian ini berupa tuturan tokoh dalam novel Sepatu Dahlan, sedangkan sumber data diambil dari novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara dari 32 subjudul. Pengambilan sampel dan teknik dasar digunakan adalah teknik pustaka dan teknik analisis serta teknik lanjutan yaitu teknik baca dan catat. Pengecekkan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teori. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis interaktif. Metode analisis interaktif adalah metode yang digunakan untuk menganalisis alih kode dan campur kode dalam tuturan tokoh melalui proses pengumpulan data sebagai suatu proses siklus secara keseluruhan antara pengumpulan data, sajian data, reduksi data, dan penarikan simpulan atau verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh tiga simpulan. Pertama, wujud alih kode yang ditemukan dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara hanya satu yaitu alih kode bahasa Jawa ke bahasa Indonesia. Kedua, wujud campur kode yang ditemukan dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara yaitu 125 yang terdiri dari 94 berbentuk kata, 22 berbentuk frasa, 5 berbentuk klausa, 3 berbentuk kalimat, dan 1 berupa reduplikasi. Ketiga, pembelajaran novel sekait dengan materi novel, bahasa, alih kode, dan campur kode dalam novel Sepatu Dahlan di SMP kelas VIII menggunakan standar kompetensi yaitu mengapresiasi kutipan novel Sepatu Dahlan melalui kegiatan diskusi, lalu kompetensi dasarnya yaitu mengomentari kutipan novel Sepatu Dahlan. Pembelajaran tersebut diindikasikan peserta didik dapat berkomentar tentang kutipan yang ada dalam novel Sepatu Dahlan, lalu tujuan dari pembelajaran tersebut ialah peserta didik dapat mengomentari kutipan novel Sepatu Dahlan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Aug 2015 03:52
Last Modified: 24 Aug 2015 03:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/754

Actions (login required)

View Item View Item