PEMBELAJARAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT MELALUI BUKU CERITA BERGAMBAR DAN PERMAINAN STACKING WORDS AND PICTURES TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN ANAK TUNARUNGU Studi terhadap anak-anak tunarungu kelas 1SD di SLB Negeri Semarang

Wulandari, Viviet (2015) PEMBELAJARAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT MELALUI BUKU CERITA BERGAMBAR DAN PERMAINAN STACKING WORDS AND PICTURES TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN ANAK TUNARUNGU Studi terhadap anak-anak tunarungu kelas 1SD di SLB Negeri Semarang. Undergraduate thesis, Fakultas Kedokteran Gigi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bagian depan_1cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bagian depan_1daftar isi.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Kata tuna rungu terdiri dari kata tuna yang berarti kurang dan rungu yang berarti pendengaran.Definisi secara umum anak tuna rungu yaitu anak-anak yang memiliki hambatan dalam kemampuan nya berkomunikasi akibat adanya gangguan pada fungsi pendengaran.Tuna rungu dapat disebabkan karena faktor dari dalam diri seperti faktor genetik, serta faktor yang berasal dari luar seperti kecelakaan. Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan menyebutkan bahwa upaya pemeliharaan kesehatan penyandang cacat harus ditujukan untuk menjaga agar tetap hidup sehat dan produktif secara sosial, ekonomis dan bermartabat, oleh sebab itu maka pendidikan mengenai kesehatan gigi dan mulut dianggap perlu. Penelitian ini yaitu untuk mengetahui perubahan pengetahuan mengenai kesehatan gigi dan mulut bagi anak tunarungu. Jenis penelitian ini yaitu pretest posttest control group design yang dilakukan terhadap anak tuna rungu kelas 1 SD di SLB Negeri Semarang. Total keseluruhan anak tuna rungu n=19 orang. Dalam penelitian ini anak tuna rungu tersebut dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Uji normalitas dengan menggunakan metode Shapiro-Wilk terhadap kelompok perlakuan dan kelompok kontrol diperoleh nilai sig > 0,05 dan nilai p 0,000 (< 0,05). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran berupa buku cerita bergambar serta permainan mencocokkan kata dan gambar terhadap anak tuna rungu mengenai masalah kesehatan gigi dan mulut dirasa efektif dalam merubah pengetahuan anak tuna rungu. Kata Kunci: Tuna rungu, buku cerita bergambar, permainan mencocokkan kata dan gambar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Fakultas Kedokteran Gigi > Pendidikan Dokter Gigi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Aug 2015 03:52
Last Modified: 24 Aug 2015 03:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/747

Actions (login required)

View Item View Item