Aditya, Mohammad Yaqiudin (2015) PENGARUH PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG ORTODONSI PREVENTIF DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN MALOKLUSI PADA GIGI ANAK. Undergraduate thesis, Fakultas Kedokteran Gigi UNISSULA.
|
Text
Bagian Depan_1daftar isi.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
Bagian Depan_1cover.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
Bagian Abstract.pdf Download (250kB) | Preview |
Abstract
Maloklusi adalah oklusi abnormal yang ditandai dengan tidak sesuainya hubungan antar lengkung atau anomali dalam posisi gigi yang disebabkan oleh faktor keturunan, perkembangan dan pertumbuhan yang salah, kebiasaan buruk dan malnutrisi. Anak yang mengalami maloklusi merasa tidak membutuhkan perawatan dikarenakan motivasi anak usia sekolah untuk merawat giginya memang masih sangat kurang, untuk itu diperlukan peran orang tua. Pengetahuan orang tua tentang ortodonsi preventif dapat menimbulkan perilaku positif dalam pencegahan maloklusi pada gigi anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pengetahuan orang tua tentang ortodonsi preventif terhadap perilaku pencegahan maloklusi pada gigi anak. Jenis penelitian ini observasional analitik dengan pendekatan survey cross sectional. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner. Pengetahuan orang tua tentang ortodonsi preventif dalam penelitian ini adalah segala informasi yang berkaitan tentang cara mencegah maloklusi, sedangkan perilaku pencegahan maloklusi adalah sikap dan tindakan yang dilakukan untuk menanggulangi terjadinya maloklusi. Uji wilcoxon digunakan sebagai alat analisis dengan nilai p < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan orang tua tentang ortodonsi yang baik lebih banyak terdapat pada responden dengan tingkat pendidikan diploma dan sarjana (65,9%) dan perilaku pencegahan maloklusi yang baik juga lebih banyak ditemukan pada responden dengan tingkat pendidikan diploma dan sarjana (71,05%). Kesimpulan penelitian terdapat pengaruh pengetahuan orang tua tentang ortodonsi preventif dengan perilaku pencegahan maloklusi pada gigi anak dengan tingkat kemaknaan (p=0,001) dengan confident level sebesar 90%. Kata kunci: pengetahuan, perilaku, pendidikan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RK Dentistry |
Divisions: | Fakultas Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Gigi > Pendidikan Dokter Gigi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Aug 2015 02:32 |
Last Modified: | 24 Aug 2015 02:32 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/736 |
Actions (login required)
View Item |