HUBUNGAN ANTARA RELASI INTERPERSONAL GURU – SISWA DAN KUALITAS PERSAHABATAN DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS DI SEKOLAH PADA SISWA SMP

Fajar, Rizqa Nur (2017) HUBUNGAN ANTARA RELASI INTERPERSONAL GURU – SISWA DAN KUALITAS PERSAHABATAN DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS DI SEKOLAH PADA SISWA SMP. Undergraduate thesis, Fakultas Psikologi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (924kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (141kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara relasi interpersonal guru-siswa dan kualitas persahabatan dengan kesejahteraan psikologis di sekolah pada siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa(i) SMP di Kecamatan Gayamsari, Semarang yang berjumlah 400 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportionate random sampling. Penggumpulan data menggunakan 3 skala. Skala kesejahteraan psikologis di sekolah dengan indeks diskriminasi aitem bergerak antara 0,253 – 0,557 dan α = 0,816, skala relasi interpersonal guru-siswa dengan indeks diskriminasi aitem bergerak antara 0,306 – 0,668 dan α = 0,946 serta skala kualitas persahabatan dengan indeks diskriminasi aitem bergerak antara 0,346 – 0,689 dan α = 0,925. Analisis data menggunakan analisis statistik regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara relasi interpersonal guru-siswa dan kualitas persahabatan dengan kesejahteraan psikologis di sekolah pada siswa SMP dengan R= 0,486 dan Fhitung = 61,411, p= 0,000 (p<0,01). Hasil uji korelasi antara variabel relasi interpersonal guru-siswa dengan kesejahteraan psikologis di sekolah diperoleh ry1-2 = 0,447, p=0,000 (p<0,01). Hasil tersebut menunjukkan adanya hubungan positif yang sangat signifikan antara relasi interpersonal guru-siswa dan kesejahteraan psikologis di sekolah. Hasil uji korelasi antara kualitas persahabatan dan kesejahteraan psikologis di sekolah diperoleh nilai ry1-2 = 0,104, p=0,038 (p<0,05). Hal tersebut menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara kualitas persahabatan dan kesejahteraan psikologis di sekolah pada siswa SMP. Kata kunci: kesejahteraan psikologis di sekolah, relasi interpersonal guru-siswa, dan kualitas persahabatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jul 2017 02:29
Last Modified: 25 Jul 2017 02:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7282

Actions (login required)

View Item View Item