EFEKTIVITAS PENGGUNAAN EDUTAINMENT MELALUI PERMAINAN KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PENYULUHAN TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT (Studi kasus di SDN Gebangsari 03 dan SDI Darul Falah Semarang)

Jayanti, Claudia Nur Rizky (2015) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN EDUTAINMENT MELALUI PERMAINAN KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PENYULUHAN TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT (Studi kasus di SDN Gebangsari 03 dan SDI Darul Falah Semarang). Undergraduate thesis, Fakultas Kedokteran Gigi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
112110186_1abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
112110186_1cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
112110186_1daftar isi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pentingnya pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut belum disadari oleh masyarakat pada umumnya. Penyakit gigi yang belum ditangani baik penyakit yang menyerang jaringan keras gigi (karies) maupun penyakit periodontal adalah 63% dari penduduk Indonesia. Tingginya prevalensi tersebut mengasumsikan kemungkinan masih rendahnya pengetahuan masyarakat tentang kesehatan gigi dan mulut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektivitasan penggunaan metode edutainment melalui media permainan komputer sebagai media penyuluhan terhadap perubahan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut. Metode penelitian ini berjenis eksperimental murni. Sampel penelitian yang digunakan adalah 143 responden yang terdiri dari siswa - siswi kelas III SDN Gebangsari 3 dan kelas III – V SDI Darul Falah Semarang dengan kelompok penyuluhan metode edutainment, kelompok penyuluhan metode ceramah, dan kelompok tanpa intervensi meng-gunakan analisis statistik uji Kruskal-Wallis dengan probabilitas p<0,05. Data dianalisis dengan uji Mann-Whitney untuk mengetahui perbedaan efektivitas antar variabel. Berdasarkan uji Kruskal-Wallis didapatkan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05) sehingga disimpulkan terdapat perbedaan bermakna antar variabel. Uji Mann-Whitney didapatkan nilai signifikansi 0,004 (p<0,05) yang berarti hasil berbeda signifikan antara kelompok penyuluhan metode edutainment dan ceramah. Perbandingan antara kelompok penyuluhan metode edutainment dan kelompok tanpa intervensi didapat nilai signifikansi 0,000 (p<0,05) yang berarti terdapat perbedaan signifikan. Perbandingan kelompok penyuluhan metode ceramah dan kelompok tanpa intervensi didapat nilai signifikansi 0,002 (p<0,05) yang berarti terdapat perbedaan signifikan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode edutainment berpengaruh terhadap perubahan pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut pada anak usia 8-11 tahun ditinjau dari rata-rata kenaikan skor pengetahuan gigi dan mulut. Kata kunci : Penyuluhan metode Edutainment, Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Fakultas Kedokteran Gigi > Pendidikan Dokter Gigi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 21 Aug 2015 08:44
Last Modified: 21 Aug 2015 08:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/725

Actions (login required)

View Item View Item