THE USE OF SCHEMA ACTIVATION STRATEGY TO IMPROVE STUDENTS` READING COMPREHENSION IN DESCRIPTIVE TEXT (Experimental Research on the Eighth Graders of SMP Muhammadiyah 7 Semarang in the Academic Year of 2016/2017)

Utomo, Ari Dwi (2017) THE USE OF SCHEMA ACTIVATION STRATEGY TO IMPROVE STUDENTS` READING COMPREHENSION IN DESCRIPTIVE TEXT (Experimental Research on the Eighth Graders of SMP Muhammadiyah 7 Semarang in the Academic Year of 2016/2017). Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Schema Activation Strategy efektif atau tidak untuk meningkatkan kemampuan membaca (reading) siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Semarang tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 7 Semarang yang bertempat di Jalan Tambak Dalam Raya, Gayamsari, Jawa Tengah, Indonesia. Tipe dari penelitian ini adalah quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Semarang dengan sample kelas VIII A sebagai kelas percobaan dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui beberapa kegiatan. Yaitu pre- test, dan post-test. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test di kelas percobaan adalah 69.87 dan di kelas kontrol adalah 56.55. Setelah diberikan perlakuan selama empat pertemuan nilai rata-rata post-test dikelas percobaan adalah 77.07 dan dikelas kontrol adalah 65.66. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara keduanya. Di dukung oleh hasil analisis t-test hasil perbandingan post-test antar kelas percobaan dan kelas control bahwa sig(2-tailed) 0.021. Dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 dapat diterima. Sehingga, penggunaan Schema Activation Strategy efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa didalam teks jenis descriptive. Kata Kunci: Schema Activation Strategy, Reading Comprehension, Descriptive Text

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 10 May 2017 04:13
Last Modified: 10 May 2017 04:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7167

Actions (login required)

View Item View Item