Prasetya, Y. Aditya Yoga (2015) TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI BALAI PENGOBATAN GIGI DAN MULUT PUSKESMAS DEMAK I KABUPATEN DEMAK TAHUN 2013. Undergraduate thesis, Fakultas Kedokteran Gigi UNISSULA.
|
Text
BAGIAN DEPAN_1cover.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text
BAGIAN DEPAN_1daftar isi.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
Kepuasan Pasien merupakan elemen penting dalam menyediakan pelayanan yang efektif khususnya dalam pelayanan kesehatan. Hal ini penting sebagai acuan dalam pembenahan Pelayanan kesehatan, sehingga pelayanan yang diberikan bisa memberikan kepuasan pada tingkat yang optimal. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di Balai Pengobatan gigi Puskesmas Demak 1 Kabupaten Demak tahun 2013 berdasarkan lima dimensi kualitas jasa pelayanan yaitu kehandalan (reliability), tampilan fisik (tangible), ketanggapan (Responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy) dengan menggunakan skala likert Jenis penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan desain cross sectional. Cara pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling adalah teknik Non Probability Sampling dengan metode consecutive sampling. Dilakukan pada 96 responden, yang berkunjung di Balai Pengobatan gigi Puskesmas Demak 1 berumur ≥ 15 tahun. Data yang diperoleh disusun secara deskriptif dalam bentuk distribusi frekuensi dan presentase. Hasil penelitian menunjukan Indeks kepuasan pasien dari dimensi kehandalan menunjukan puas dengan rata-rata nilai indeks 73,22. Pasien yang merasa puas terdapat pada dimensi tampilan fisik dengan rata – rata nilai indeks 70,66, dimensi daya tanggap dengan rata-rata nilai indeks 73,33, dimensi jaminan dengan rata – rata nilai indeks 74,55 dan dimensi empati dengan rata – rata nilai indeks 73,23. Secara keseluruhan pelayanan di Balai Pengobatan gigi Puskesmas Demak 1 dipersepsikan puas dengan rata-rata nilai indeks 72,99. Disimpulkan bahwa kehandalan, tampilan fisik, ketanggapan, jaminan, dan empati merupakan dimensi-dimensi pelayanan kesehatan yang mempengaruhi kepuasan pasien di Balai Pengobatan gigi Puskesmas Demak 1. Kata kunci : kepuasan pasien, tingkat kepuasan, pelayanan Puskesmas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RK Dentistry |
Divisions: | Fakultas Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Gigi > Pendidikan Dokter Gigi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 21 Aug 2015 07:34 |
Last Modified: | 21 Aug 2015 08:02 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/712 |
Actions (login required)
View Item |