SULISTIYANING, SULISTIYANING (2015) PENGARUH KOMITMEN AFEKTIF MELALUI PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI, BERBASIS KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN KERJA DI RSUD RA. KARTINI JEPARA. Masters thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.
|
Text
Tesis_1abstrak.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text
Tesis_1cover.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
Tesis_1daftar isi.pdf Download (43kB) | Preview |
Abstract
Rumah sakit sebagai salah satu subsistem pelayanan kesehatan menyelenggarakan pelayanan untuk masyarakat, dalam perkembangannya pelayanan rumah sakit tidak terlepas dari pembangunan ekonomi masyarakat. Perkembangan ini tercermin pada perubahan fungsi klasik RS yang pada awalnya hanya memberikan pelayanan yang bersifat penyembuhan (kuratif) terhadap pasien melalui rawat inap. RSUD RA Kartini Jepara sering menerima keluhan dari pasien maupun keluarga pasien terhadap kinerja perawat yang terkesan kurang maksimal dalam menangani pasien.Penelitian ini ditujukan untuk meneliti pengaruh Perceived Organizational Support (POS), Kepuasan Kerja, dan kepercayaan terhadap peningkatan Komitmen Afektif Dalam Organisasi.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat rawat inap kelas I, II dan III PNS di RSUD RA Kartini sebanyak 89 orang. Adapun metode pengambilan sampel adalah “sensus” dengan menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS) untuk menganalisis data. Hasil penelitian ini adalah semakin tinggi tingkat Kepuasan Kerja semakin tinggi persepsi dukungan organisasi; tidak ada hubungan signifikan antara kepuasan kerja dengan komitmen afektif; semakin tinggi kepercayaan karyawan akan semakin meningkatkan persepsi dukungan organisasi, Hubungan Kepercayaan terhadap Komitmen Afektif; tidak ada pengaruh positif kepercayaan SDM terhadap komitmen afektif; bahwa tidak ada pengaruh positif Persepsi Dukungan Organisasi (POS) SDM terhadap komitmen afektif. Agenda penelitian mendatang adalah perlunya memperluas responden sehingga dapat mengeneralisasikan penelitian dengan baik dan memasukkan variabel lain sebagai unsur antara sehingga dapat menguraikan permasalahan yang ada seperti salah satu dimensi dari Peceived Organizational Support atau meneliti kembali model empirik pada organisasi yang tidak bergerak pada bidang kesehatan. Kata Kunci : Perceived Organizational Support (POS), Kepuasan Kerja, dan kepercayaan terhadap peningkatan Komitmen Afektif
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 21 Aug 2015 04:09 |
Last Modified: | 21 Aug 2015 04:09 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/696 |
Actions (login required)
View Item |