Umam, Khoerul (2016) MODEL KAPABILITAS “CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING” PADA INDUSTRI TEPUNG TAPIOKA DI KABUPATEN PATI. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.
Text
COVER_1.pdf Download (661kB) |
||
|
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (97kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI_1.pdf Download (108kB) | Preview |
||
|
Image
PUBLIKASI.jpg Download (768kB) | Preview |
|
Text
BAB I_1.pdf Download (105kB) |
||
Text
BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) |
||
Text
BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
||
Text
BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (576kB) |
||
Text
BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf Download (85kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untukmengetahuidan menganalisis pengaruhinformasi pasar dan human capitalterhadap kinerja pemasaran perusahaan dengan kapabilitas CRMsebagai variabel inervening pada industri tepung tapioka di Kabupaten Pati.Populasi dalam penelitian ini adalahkaryawan pemasaran pada industri tepung tapioka di Kabupaten Pati sebesar 162 orang, dengan jumlah sampel sebesar 66 orang.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling, yaitu dikhususkan pada karyawan bagian pemasaran pada industri tepung tapioka di Kabupaten Pati. Alat analisisnya adalah path analisis, dimana sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas serta uji asumsi klasik. Hasil pengujian menunjukkan bahwa informasi pasar dan human capital terbukti mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kapabilitas CRM.Informasi pasarterbukti mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, maka pemilik/pengusaha tersebut akan merespon dengan baik terhadap perubahan-perubahan yang terjadi pada perusahaan, sehingga mampu meningkatkan kinerja pemasaran perusahaan.Human capital mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, dapat diartikan bahwasemakin meningkat human capital maka perusahaan dapat memanfaatkan dan mengembangkan pengetahuan, kompetensi dan keterampilan karyawannya secara efisien, sehingga akan berdampak pada meningkatnya kinerja pemasaran perusahaan.Kapabilitas CRM mempunyai pengaruh positifsignifikan terhadap kinerja pemasaran.Kapabilitas CRM tidak mampu menjadi variabel intervening antara informasi pasar dan human capital dengan kinerja pemasaran. Dengan demikian informasi pasar dan human capital hanya berpengaruh terhadap kinerja pemasaran perusahaan tetapi tidak melalui kapabilitas CRM. Kata Kunci : Informasi pasar, human capital, kapabilitas CRM dan kinerja pemasaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 10 Jan 2017 03:34 |
Last Modified: | 10 Jan 2017 03:34 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6778 |
Actions (login required)
View Item |