PENINGKATAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI KEUTUHAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DI KELAS V SD KARANGROTO 02

Nur, Dhofi Ramadhan (2016) PENINGKATAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI KEUTUHAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DI KELAS V SD KARANGROTO 02. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (112kB) | Preview
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (385kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan disiplin dan prestasi belajar mata pelajaran PKn melalui pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray di kelas V SD N Karangroto 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Siklus I pertemuan 1 dilaksanakan pada tanggal 10 September 2016, sedangkan siklus 1 pertemuan 2 dilaksanakan tanggal 13 september 2016 dan siklus II pertemuan 1 dilaksanakan pada tanggal 14 September dan siklus 2 pertemuan 2 dilaksanakan pada tanggal 15 September 2016. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD N Karangroto 02, kecamatan Genuk, Kota Semarang.yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara, Angket, dokumentasi dan tes. Adanya peningkatan disiplin siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek disiplin yang dinilai pada setiap pertemuan. Pada siklus I diperoleh presentase 42,95% dengan kriteria disiplin cukup. Sedangkan pada siklus II diperoeh presentase 85,67% dengan kriteria disiplin sangat baik. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan presentase ketuntasan belajar mencapai 42,86%,Pada siklus II dengan presentase 92,86% Data tersebut menunjukkan bahwa pada siklus II sebagian besar siswa sudah memenuhi nilai KKM yang telah ditentukan yaitu 70. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa model Two stay two stray (dua tinggal dua tamu) dapat meningkatkan disiplin dan prestasi belajar di kelas V SDN Karangroto 02. Kata Kunci: Disiplin, Prestasi Belajar, Model Two stay two stray ( dua tinggal dua tamu)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 03 Jan 2017 01:29
Last Modified: 03 Jan 2017 01:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6525

Actions (login required)

View Item View Item