PENINGKATAN DISIPLIN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS IV SD ISLAM AL FATTAH

LAILA, DUROTUL (2016) PENINGKATAN DISIPLIN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS IV SD ISLAM AL FATTAH. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooepratif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian tindakan kelas ini terbagi menjadi dua siklus dimana setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SD Islam Al Fattah pada semester II tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa sebanyak 26. observasi sikap disiplin pada siklus I mendapatkan skor 789 dengan prosentase 62,75% dengan kriteria disiplin cukup. Sedangkan pada siklus II mendapatkan skor 1020 dengan prosentase 85,71% dengan kriteria disiplin baik. Model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievemen Division yang diterapkan pada mata pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun ruang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Islam Al Fattah. Pada siklus I dengan nilai evaluasi rata-rata kelas 60,76 dengan prosentase ketuntasan 61,50%. Pada siklus II mendapatkan rata-rata kelas 85,31 dengan prosentase ketuntasan 85,79% diperoleh ketuntasan klasikal 86,10%. Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division pada mata pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun ruang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan disiplin siswa. Kata Kunci: Disiplin, Hasil Belajar, Student Teams Achievement Division

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 03 Jan 2017 01:27
Last Modified: 03 Jan 2017 01:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6496

Actions (login required)

View Item View Item