LAILA, DUROTUL (2016) PENINGKATAN DISIPLIN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS IV SD ISLAM AL FATTAH. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI_1.pdf Download (180kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooepratif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian tindakan kelas ini terbagi menjadi dua siklus dimana setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SD Islam Al Fattah pada semester II tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa sebanyak 26. observasi sikap disiplin pada siklus I mendapatkan skor 789 dengan prosentase 62,75% dengan kriteria disiplin cukup. Sedangkan pada siklus II mendapatkan skor 1020 dengan prosentase 85,71% dengan kriteria disiplin baik. Model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievemen Division yang diterapkan pada mata pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun ruang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Islam Al Fattah. Pada siklus I dengan nilai evaluasi rata-rata kelas 60,76 dengan prosentase ketuntasan 61,50%. Pada siklus II mendapatkan rata-rata kelas 85,31 dengan prosentase ketuntasan 85,79% diperoleh ketuntasan klasikal 86,10%. Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division pada mata pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun ruang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan disiplin siswa. Kata Kunci: Disiplin, Hasil Belajar, Student Teams Achievement Division
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 03 Jan 2017 01:27 |
Last Modified: | 03 Jan 2017 01:27 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6496 |
Actions (login required)
View Item |