PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DI KELAS IV SDI DARUL HUDA

Kholifah, Nikmatul (2016) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DI KELAS IV SDI DARUL HUDA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran Two Stay Two Straypada 2 siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan subyek siswa kelas IV A SDI Darul Huda. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rasa ingin tahu, pada siklus I pertemuan 1 rata-rata skor karakter rasa ingin tahu adalah 60,42% kategori cukup dan siklus I pertemuan 2 adalah 70,63% kategori baik. Dan pada siklus II pertemuan 1 adalah 74,17% kategori baik dan siklus II pertemuan 2 adalah 80,10% kategori sangat baik. Adanya peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa dan aktivitas guru, dimana aktifitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 3 dengan kategori cukup dan pada siklus II memperoleh rata-rata 4 dengan kategori baik. Aktivitas guru juga mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, dimana siklus I memperoleh rata-rata 3,3 kategori cukup da siklus II memperoleh rata-rata 4,3 kategori sangat baik. Dengan demikian aktivitas siswa dan aktivitas guru dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa dilihat dari peningkatannya yaitu pada siklus I adalah 56% dan pada siklus II meningkat menjadi 88%. Dari deskripsi di atas dapat disimpulkan penelitian ini yaitu model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan pestasi belajar dalam pembelajaran IPS. Saran penelitian sebaiknya guru menerapkan model inovatif atau menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Two Stay Two Stray

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 03 Jan 2017 01:24
Last Modified: 03 Jan 2017 01:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6476

Actions (login required)

View Item View Item