Astria, Nurul Ahdiyati (2016) UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI METODE SIMULASI DI KELAS V SD ISLAM AL-FATTAH. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI_1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
COVER_1.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (12kB) | Preview |
|
Text
BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi di kelas V SD Islam Al-Fattah, menunjukan bahwa rasa ingin tahu siswa masih kurang terbukti dengan kurangnya aktifitas siswa dalam bertanya, mengeluarkan pendap at, serta menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru, selain itu prestasi belajar siswa mata pelajaran PKn masih rendah dibuktikan dengan hasil nilai yang diperoleh dibawah KKM.Penelitian yang dilaksanakan termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar PKn materi keputusan bersama menggunakan metode simulasi di kelas V SD Islam Al-Fattah kecamatan Gayamsari Semarang. Subyek penelitian ini kelas V SD Islam Al-Fattah yang berjumlah 19 siswa. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus. Pada setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi.Pada siklus I pertemuan 1 rasa ingin tahu mendapatkan presentase 51,15% dengan kriteria cukup baik dan siklus I pertemuan 2 mendapat presentase 64,00% dengan kriteria baik, pada siklus II pertemuan 1 mendapat presentase 78,31% dengan kriteria baik dan siklus II pertemuan 2 mendapat 87,26% dengan kriteria sangat baik. Pada prestasi belajar, siklus I memperoleh presentase klasikal 47,36% denan rata-rats kelas 64,21, sedangkan siklus II memperoleh ketuntasan klasikal 89,47% denan rata-rata kelas 74,21 . Dapat disimpulkan bahwa metode simulasi dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar PKn siswa kelas V SD Islam Al-Fattah. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Rasa Ingin Tahu, Metode Simulasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 03 Jan 2017 01:24 |
Last Modified: | 03 Jan 2017 01:24 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6474 |
Actions (login required)
View Item |