Indaryani, Indaryani (2016) PENINGKATAN MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARANSNOWBALL THROWING DI KELAS IV SDISLAM DARUL HUDA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
2. DAFTAR ISI.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (205kB) | Preview |
|
Text
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
||
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
||
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) |
||
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (616kB) |
||
|
Text
PUBLIKASI_1.pdf Download (816kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat melalui model pembelajaran Snowball Throwing di Kelas IVB SD Islam Darul Huda. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVB SD Islam Darul Huda yang berjumlah 23 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan siklus I terdiri dari dua pertemuan dan siklus II terdiri dari dua pertemuan. Data penelitian diperoleh dari instrumen penelitian yaitu hasil observasi aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran, hasil tes pemahaman konsep, hasil angket minat belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan minat belajar dan pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat. Hasil pada siklus I menunjukkan bahwa persentase angket minat belajar siswa 78% dengan kriteria berminat, kemudian meningkat menjadi 87% dengan kriteria sangat berminat di akhir siklus II. Persentase pemahaman konsep siswa juga mengalami peningkatan yakni dari siklus I diperoleh rata-rata kelas 65,00 dengan ketuntasan belajar 68,18% kriteria baik dan di siklus II persentase pemahaman konsep siswa juga mengalami peningkatan dengan rata-rata 77,73 dan ketuntasan belajar 81,82% kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat di kelas IV SD Islam Darul Huda. Kata kunci : Model pembelajaran Snowball Throwing, minat belajar siswa, pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 03 Jan 2017 01:23 |
Last Modified: | 03 Jan 2017 01:23 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6469 |
Actions (login required)
View Item |