KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI KPK DAN FPB SISWA KELAS V

Zuliyati, Reni Islami (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI KPK DAN FPB SISWA KELAS V. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (300kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan motivasi belajar matematika siswa pada materi KPK dan FPB kelas V semester 1 SD Negeri Wonolopo 01 Kecamatan Mijen Kota Semarang. Jenis Penelitian ini adalah true experimental dengan desain penelitian posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, diperoleh kelas V-B sebagai kelas eksperimen dan kelas V-A sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket motivasi belajar matematika dan tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas data hasil tes dari kedua kelompok tersebut diperoleh bahwa data kedua sampel normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesis digunakan uji t. Dari hasil perhitungan diperoleh rata-rata kemampuan pemahaman konsep kelas eksperimen sebesar 75,59 sedangkan rata-rata kemampuan pemahaman konsep kelas kontrol sebesar 66,13. Karena thitung = 2,83 dan nilai ttabel = 1,998 berarti thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Rata-rata skor motivasi belajar matematika siswa kelas eksperimen sebesar 50,88, sedangkan rata-rata skor motivasi belajar matematika siswa kelas kontrol sebesar 42,97. Diperoleh thitung = 7,18 nilai ttabel = 1,998 berarti thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, untuk taraf signifikan 5%, dengan dk = n1 + n2 - 2. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar matematika dan kemampuan pemahaman konsep matematika kelas eksperimen lebih efektif dari pada kelas kontrol. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika, TGT

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 08:38
Last Modified: 30 Dec 2016 08:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6467

Actions (login required)

View Item View Item