PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS IV SDN SEREN

Laksono, Wahyu Dwi (2016) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS IV SDN SEREN. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (19kB) | Preview
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB) | Preview
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan motivasi belajar matematika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada siswa kelas IV SD Negeri Seren. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD negeri Seren yang berjumlah 42 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yang masing-masing siklus dua kali pertemuan. Tiap-tiap siklus memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa kelas IV SDN Seren meningkat melalui pembelajaran Think Pair Share. Pada siklus I pemahaman konsep matematika menggunakan pembelajaran Think Pair Share memperoleh ketuntasan 76,19% hal ini belum mencapai indikator keberhasilan. Pada siklus II pemahaman konsep meningkat dibandingkan siklus I, pada siklus II mendapatkan ketuntasan 88,09% yang sudah mencapai indikator keberhasilan. Motivasi siswa diperoleh dari siklus I jumlah 2461 dengan persentase 78,12% dengan kriteria baik, dan mengalami peningkatan pada siklus II jumlah skor 2679 dengan persentase 85,04% dengan kriteria sangat baik. Pada Aktivitas guru siklus I mendapatkan persentase 67,78% dengan kriteria baik. Mengalami peningkatan pada siklus II mendapatkan skor 81,11% dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan 70,41% dengan kriteria baik dan mengalami peningkatan pada siklus II 83,69% dengan kriteria sangat baik Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar, Think Pair Share

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 08:38
Last Modified: 30 Dec 2016 08:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6466

Actions (login required)

View Item View Item