PENINGKATAN KEJUJURAN DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI KELAS IV SDN KARANGASEM 01

Ningtiyas, Alfiya Mustika (2016) PENINGKATAN KEJUJURAN DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI KELAS IV SDN KARANGASEM 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (483kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yaitu: rendahnya kejujuran siswa dan prestasi belajar siswa yang disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kesulitan dalam meningkatkan prestasi belajar IPS, guru masih menggunakan metode teacher centered (berpusat pada guru) dalam poses pembelajaran sehingga proses pembelajaran membosankan dan siswa kurang aktif,siswa tidak percaya diri dengan hasil pekerjaannya sehingga menyontek hasil pekerjaan temannya. Dengan demikian melalui penelitian ini diharapkan memperoleh cara tepat untuk perbaikan mutu pelajaran IPS di SD Negeri Karangasem 1 dalam meningkatkan kejujuran dan prestasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk meningkatkan kejujuran dan prestasi belajar IPS melalui model pembelajaran scramble di kelas IV SDN Karangasem 1. Jenis penelitian inimenggunakan model penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa SDN Karangasem 1 kelas IV yang berjumlah 30 siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kejujuran dan prestasi belajar IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model scramble dapat meningkatkan kejujuran dan prestasi belajar dalam setiap siklusnya. Hal ini terbukti dari siklus I diperoleh nilai rata-rata 75,7% dengan kriteria kejujuran cukup. Pada siklus II diperoleh rata-rata 86,65% dengan kategori sangat baik. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan prestasi hasil belajar siswa. Pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 69,67% dengan presentase ketuntasan 66,67% pada kriteria baik. Pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 81,67% dengan presentase ketuntasan 86,7% pada kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa model scramble dapat meningkatkan kejujuran dan prestasi belajar siswa di SDN Karangasem 01 Sayung Demak. Kata Kunci: Kejujuran, Prestasi Belajar, Model Scramble

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 07:04
Last Modified: 30 Dec 2016 07:04
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6441

Actions (login required)

View Item View Item