UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN DI KELAS V SDN 01 LEYANGAN

Permatasari, Herlina Intan (2016) UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN DI KELAS V SDN 01 LEYANGAN. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Intisari.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img]
Preview
Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Tanggung jawab dan prestasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 01 Leyangan tergolong rendah. Diperlukan metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar IPA materi sifat cahaya. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah peningkatan tanggung jawab dan prestasi belajar IPA di kelas V SD Negeri 01 Leyangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus dan setiap siklusnya 2 pertemuan. Terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Leyangan yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Adanya peningkatan Tanggung Jawab siswa ditunjukan dengan peningkatan Tanggung Jawab siswa dalam setiap siklusnya. Hasil observasi tanggung jawab belajar siswa pada siklus I dengan persentase 61% dengan kriteria baik. Hasil tanggung jawab terus meningkat dengan hasil tanggung jawab siklus II dengan persentase 82% dengan kriteria sangat baik. Hasil nilai prestasi belajar siswa siklus I ketuntasan masih mencapai 50% dengan nilai rata-rata 69,375 dan pada siklus II ketuntasan nilai prestasi 88,175 dengan persentase 90%. Kata Kunci : Tanggung jawab, Prestasi belajar, Model Pembelajaran Eksperiman

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 06:46
Last Modified: 30 Dec 2016 06:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6427

Actions (login required)

View Item View Item