Likhinanda, Oktiaga Bima (2016) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PKn MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS IV SDN KERTASINDUYASA 02. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
||
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (604kB) |
||
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
||
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (668kB) |
||
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (85kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar mata pelajaran PKn melalui model pembelajaran problem based learning berbantuan dengan media audio visual di kelas IV SD Negeri Kertasinduyasa 02, Desa Kertasinduyasa Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pembahasan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Kertasinduyasa 02 yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dokumentasi dan tes. Adanya peningkatan rasa ingin tahu siswa ditunjukan dengan peningkatan aspek rasa ingin tahu siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus Ipenilaian menggunakan observasi rasa ingin tahu siswa memperolehpresentase pertemuan 1 yaitu 73% dan pertemuan 2 yaitu 75% termasuk kriteria baik. pada sikus II memperoleh presentase pertemuan 1 yaitu 85% dan pertemuan 2 yaitu 87% termasuk kriteria sangat baik. penilaian menggunakan angket pada siklus I memperoleh presentase 15% yang mendapat kriteria sangat baik.Pada siklus II memperoleh presentase 90% yang mendapat kriteria rasa ingin tahu sangat baik. Adanya peningkatanprestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I ada 9 siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimumpersentase ketuntasan kelas 45 %. Pada siklus II ada 18 siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimum persentase ketuntasan kelas 90%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model problem based learning berbantuan dengan media audio visual dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar PKn di kelas IV SD Negeri Kertasinduyasa 02. Kata Kunci : Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Dec 2016 06:21 |
Last Modified: | 30 Dec 2016 06:21 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6424 |
Actions (login required)
View Item |