KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN TREFFINGER KOLABORASI JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

Larasanto, Aji (2016) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN TREFFINGER KOLABORASI JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (417kB) | Preview
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (67kB) | Preview
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)

Abstract

Kata Kunci : Treffinger, Jigsaw, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Jajargenjang dan Belah Ketupat. Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika. Untuk itu diperlukan suatu pembelajaran yang dianggap bisa meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Pembelajaran Treffinger dapat membantu siswa untuk berpikir kreatif dalam memecahkan masalah, serta membantu siswa untuk menunjukkan potensi-potensi kemampuan yang dimilikinya. Pembelajaran Jigsawmerupakan pembelajaran kooperatif, yang mengutamakan kerja kelompok dalam kelompok kecil untuk mencapai tujuan pembelajaran. Untuk itu peneliti melakukan treatment pembelajaran TreffingerkolaborasiJigsaw. Tujuan penelitian ini yaitu “Untuk mengetahui apakah pembelajaran Treffinger kolaborasi Jigsaw efektif meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada pokok bahasan jajargenjang dan belah ketupat pada siswa kelas VII SMP Negeri 39 Semarang tahun ajaran 2015/2016”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 39 Semarang yang berjumlah 288 siswa yang terbagi menjadi 9 kelas, Sampel penelitian diambil 2 kelas dengan cluster random sampling. Untuk kelas eksperimen sebanyak 32 siswa menggunkan pembelajaran TreffingerkolaborasiJigsawdan kelas kontrol sebanyak 32 siswa menggunakan pembelajaran Jigsaw. Kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda kemudian diberikan tes akhir yaitu tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Dari hasil tes yang diperoleh dilakukan analisis menggunakan SPSS 17.0. Hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh persamaan regresi Ŷ=-1,084+0,324X_1+0,901X_2 dengan R Squaresebesar 64% dan rata-rata kelas eksperimen sebesar 88,81 dan rata-rata kelas kontrol sebesar 83,09. Uji hipotesis yang digunakan yaitu nilai Prob./Sig./P-Value melalui perhitungan statistik menggunkan SPSS 17.0 sebesar 0,001< 0,005. Karena < 0,005 maka perbedaan bermakna secara statistik atau signifikan pada probabilitas 0,005. Karena Prob./Sig./P-Value <α=0,05, maka tolak Ho dan terima Ha. Artinya terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan pembelajaran TreffingerkolaborasiJigsawdengan siswa yang hanya menggunakan pembelajaran Jigsaw.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 06:21
Last Modified: 30 Dec 2016 06:21
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6418

Actions (login required)

View Item View Item