PENERAPAN PERMAINAN CLEVER BOARD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT

ISTIQOMAH, ISTIQOMAH (2016) PENERAPAN PERMAINAN CLEVER BOARD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (738kB) | Preview
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB)
[img]
Preview
Text
Publikasi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (916kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (918kB) | Preview

Abstract

Kata kunci: Permainan Clever Board, Kemampuan Pemecahan Masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang menggunakan pembelajaran dengan penerapan permainan Clever Board dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Serta mengetahui rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan permainan Clever Board pada pokok bahasan segiempat mencapai Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM) di kelas VII SMP Hasanuddin 10 Semarang, tahun akademik 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Hasanuddin 10 Semarang. Sampel penelitian ini adalah dua kelas diambil secara acak dan diperoleh siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen (proses pembelajaran menggunakan permainan Clever Board) sedangkan kelas VII B sebagai kelas kontrol (proses pembelajaran menggunakan pembelajaran konvensional). Penelitian dilakukan empat kali pertemuan untuk kelas eksperimen dan empat kali pertemuan untuk kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes untuk kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t dua sampel independent dan uji t satu sampel. Hasil analisis uji independent sample t-test yaitu diperoleh thitung = 3,840 dan ttabel = 2,003, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan pembelajaran dengan penerapan permainan Clever Board lebih baik jika dibandingkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan pembelajaran dengan penerapan permainan Clever Board adalah 78,28. Melihat dari nilai rata-rata data awal yaitu 53,28 , maka pembelajaran matematika dengan menggunaan penerapan permainan Clever Board sangat baik dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan segiempat. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan penerapan permainan Clever Board lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan segiempat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 04:30
Last Modified: 30 Dec 2016 04:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6407

Actions (login required)

View Item View Item