ANALISIS KESALAHAN SISWA MENURUT WATSON PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAHTRIGONOMETRI BERPANDUAN TAKSONOMI SOLO

Fillail, Muhammad Abid (2016) ANALISIS KESALAHAN SISWA MENURUT WATSON PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAHTRIGONOMETRI BERPANDUAN TAKSONOMI SOLO. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: analisis kesalahan, kemampuan pemecahan masalah, berdasar Taksonomi SOLO teori Watson, Trigonometri. Kemampuan pemecahan masalah menjadi tuntutan di abad 21, namun kenyataannya siswa kesulitan dalam mengerjakan soal kemampuan pemecahan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis dan penyebab kesalahan yang dilakukan siswa menurut Watson dalam menyelesaikan tes kemampuan pemecahan masalah materi trigonometri berdasar Taksonomi Solo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-2 dan X-4 SMA N 10 Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016, pengambilan sampel menggunakanteknik purposive sampling. Kelas X-2 sebagai kelas eksperimen yang diambil 6 subjek penelitian dari 34 siswa dengan masing-masing 2 siswa dari kelas atas, sedang, dan bawah. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen tes dan wawancara. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Kesalahan siswa dalam menjawab soal kemampuan pemecahan masalah berdasar Taksonomi SOLO soal level relasional nomor 1 terdapat 3 subjek penelitian, soal nomor 2 terdapat 1 subjek, soal nomor 3 terdapat 2 subjek. Soal level Multistruktural nomor 4 terdapat 2 subjek dan soal level abstrak diperluas semua subjek melakukan kesalahan tersebut. Analisis kesalahan menurut Watsonyang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah materi trigonometri adalah kesalahan data tidak tepat (id) terdapat 2 subjek penelitian, prosedur tidak tepat (ip)terdapat 3 subjek, data hilang (od)terdapat 3 subjek, kesimpulan hilang (oc)tidak terdapat subjek penelitian, konflik level respon (rlc) terdapat 2 subjek, manipulasi tidak langsung (um)terdapat 2subjek, masalah hirarkhi keterampilan (shp)terdapat 5 subjek, dan selain ketujuh kategori tersebut(ao)semua subjek melakukan kesalahan. Penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut adalah tidak memahami soal, tidak memahami konsep aturan sinus dan cosinus, tidak teliti, bekerjasama dengan teman, tidak atau kurang memiliki kemampuan manipulasi numerik dengan baik, salah memahami konsep soal, dan kehabisan waktu. Untuk meminimalkan terjadinya kesalahan, siswa harus memahami konsep bukan menghafal rumusnya dan memperbanyak latihan soal yang bervariasi tingkat kesukarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 04:19
Last Modified: 30 Dec 2016 04:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6380

Actions (login required)

View Item View Item