Herlambang, Mohamad Seiko Widia (2016) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN TAKE AND GIVEBERBASIS KARAKTER ISLAMI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP GARIS DAN SUDUT PADA SISWA KELAS VII. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI_1.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_1.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
COVER_1.pdf Download (885kB) | Preview |
|
Text
BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
||
Text
BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
||
Text
BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) |
||
Text
BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
publikasi.pdf Download (303kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci : Take and Give, media pembelajaran, karakter Islami, garis dan sudut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui apakah terdapat pengaruh karakter islami siswa terhadap pemahaman konsep dalam pembelajaran Take and Give berbasis karakter islami pada pokok bahasan garis dan sudut pada siswa SMP kelas VII. (2) Mengetahui tingkat kemampuan pemahaman konsep pokok bahasan garis dan sudut yang dikenai model pembelajaran Take and Give berbasis karakter islami pada siswa SMP Kelas VII dapat mencapai kategori baik, yaitu paham sebagian atau paham seluruhnya. (3) Mengetahui perbedaan rata-rata nilai kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa yang menggunakan model pembelajaran Take and Give berbasis karakter islami pada pokok bahasan garis dan sudut lebih baik dari pada model pembelajaran ekspositori. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas VII SMP Islam Sultan Agung 1 tahun ajaran 2015/2016. Variabel bebasnya adalah karakter islami pada pembelajaran Take and Give berbasis karakter islami variabel terikatnya adalah hasil belajar kemampuan pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan Garis dan Sudut.Berdasarkan teknik cluster random sampling diperoleh tiga kelas yakni kelas VIIA sebagai kelas eksperimen, kelas VIIB sebagai kelas kontrol dan kelas VIIC sebagai kelas uji coba. Data diperoleh melalui: (1) dokumentasi, (2) lembar pengamatan, dan (3) tes kemampuan kognitif.Untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar digunakan uji banding (OneWay Anava),untuk uji ketuntasan (KKM) hasil belajar dengan uji One sample T Test dan untuk mengetahui pengaruh karakter islami terhadap hasil belajar digunakan uji analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwahasil regresi linier sederhana kelas eksperimen menunjukkan adanya pengaruh positif antarakarakter islami terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika ditunjukkan dengan persamaan regresinya Y ̂=2.726+978X, sehingga terdapat pengaruh karakter islami pada pembelajaran Take and Give berbasis karakter islami sebesar 78,3%.Hasil One sample T Test diperoleh nilai mean 81,45 dan Sig. (2-tailed) < 0,05 hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen mencapai kategori baik yaitu paham semuanya dan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas ekperimen dan kelas kontrol secara signifikan ditunjukan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 81,45 dan kelas kontrol 76,45.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Dec 2016 04:06 |
Last Modified: | 30 Dec 2016 04:06 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6367 |
Actions (login required)
View Item |