Mabrur, Muhamad (2016) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER_1.pdf Download (805kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI_1.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_1.pdf Download (103kB) | Preview |
|
Text
BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
||
Text
BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
||
Text
BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
||
Text
BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (68kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci: Problem based learning,kemampuan penalaran matematis, materi segi empat. Problem based learning yaitu suatu model pembelajaran yang mengunakan masalah dunia nyata sebagai kontek bagi siswa untuk belajar melalui berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah dalam rangka memperoleh pengetahuan dari materi pelajaran. Problem based learning merupakah salah satu model yang baik untuk memahami isi pelajaran dan meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa. Inti dari pembelajaran problem based learningini didominasi oleh siswa agar aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas siswa pada pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan penalaran matematis siswaMTs Satu Atap Pondok Pesantren Hidayatul Qur’an Sayung pokok bahasan segi empat, mengetahui rata-rata kemampuan penalaran matematis siswaMTs Satu Atap Pondok Pesantren Hidayatul Qur’an Sayung yang menggunakan pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari pembelajaran Ekspositori pokok bahasan segi empat, dan mengetahui rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa MTs Satu Atap Pondok Pesantren Hidayatul Qur’an Sayung pada pembelajaran Problem Based Learning pokok bahasan segi empat mencapai ketuntasan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Kelompok yang digunakan pada penelitian berjumlah 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan pembelajaran Problem Based Learningdan kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran ekspositori.Pengambilan Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling yaitu mengambil 2 kelas secara acak dari seluruh siswa yang ada karena diasumsikan siswa-siswa tersebut mempunyai kemampuan yang relatif sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa berpengaruh 1,482 terhadap satu hasil kemampuan penalaran matematika pada pembelajaran problem based learning pokok bahasan segi empat. Hal ini dilihat dari nilai koefisien korelasinya yaitu sebesar 77,9%, dengan nilai sig 0,000< 0,05. Pembelajaran matematika dengan menggunakan problem based learning mempunyai nilai rata-rata 84,48 lebih baik dari pada pembelajaran metode konvensional dengan nilai rata-rata 73,95.Pembelajaran matematika dengan menggunakan problem based learning memiliki nilai rata-rata tes kemampuan penalaran sebesar 84,48, melebihi nilai rata-rata ketuntasan yaitu 75. Jadi, berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti dapat menyimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning lebih efektif dari pada metode ekspositori.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Dec 2016 03:42 |
Last Modified: | 30 Dec 2016 03:42 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6361 |
Actions (login required)
View Item |