PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERKARAKTER ISLAMITERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN

Baroroh, Afiyatul (2016) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERKARAKTER ISLAMITERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kata kunci:CTL, Penalaran, Matematika, Garis Singgung, Lingkaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh aktivitas dan motivasi dalam pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learningberkarakter islamiterhadap kemampuan penalaran matematika, serta mengetahui rata-ratakemampuan penalaran matematika siswa yang dikenai pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learningberkarakter islamipada materi garis singgung lingkaran kelas VIII MTs An Nindham Sayung Demak tahun pelajaran 2015/2016 mencapai ketuntasan belajar minimal 75. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs An Nindham Sayung Demak. Sampel penelitian ini adalah diambil satu kelas secara acak dari keempat kelas yaitu kelas VIII B yang berjumlah 36 orang. Kelas VIII B sebagai kelas eksperimen (menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learningberkarakter islami). Penelitian dilakukan dalam empat kali pertemuan pembelajaran dan satu kali tes kemampuan penalaran. Data penelitian diperoleh melalui: (1) observasi aktivitas, (2) angket motivasi, (3) tes kemampuan penalaran. Uji yang digunakan pada penelitian ini adalah uji regresi linier berganda dan uji One sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh aktivitas dan motivasi siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learningberkarakter islamiterhadap kemampuan penalaran pada materi garis singgung lingkaran sebesar 56,1% dengan model regresi ganda Y ̂=27,729+0,385X_1+0,324X_2 yang bersifat linear.Nilai rata-rata kemampuan penalaran adalah sebesar 78,50 berada pada kategori tinggi, dengan melihat nilai rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal 75, maka pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learningberkarakter islamimempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan penalaran materi garis singgung lingkaran siswa kelas VIII MTs An Nindham Sayung Demak tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 03:28
Last Modified: 30 Dec 2016 03:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6349

Actions (login required)

View Item View Item