PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK ISI DISKUSI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI DAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF DEBAT KONTROVERSIAL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS XI MA IBROHIMIYYAH BRUMBUNG, MRANGGEN, DEMAK

Ansar, Etina Sri Sajrina (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK ISI DISKUSI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI DAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF DEBAT KONTROVERSIAL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS XI MA IBROHIMIYYAH BRUMBUNG, MRANGGEN, DEMAK. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci: keterampilan menyimak isi diskus, model SAVI, media video interaktif debat kontroversial Keterampilan menyimak isi diskusi merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa kelas XI. Keterampilan menyimak isi diskusi tidak bisa dikuasai secara otomatis melainkan harus latihan berulang-ulang. Penggunaan model dan media pembelajaran yang tepat merupakan hal yang harus diperhatikan guru agar tujuan pembelajaran menyimak isi diskusi dapat tercapai. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti pada keterampilan menyimak isi diskusi kelas XI IPS MA Ibrohimiyyah Brumbung, Mranggen, Demak masih rendah. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain dari faktor siswa dan faktor guru. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran menyimak isi diskusi dengan model pembelajaran SAVI dan media video interaktif debat kontroversial berbasis pendidikan karakter pada siswa kelas XI MA Ibrohimiyyah Brumbung Mranggen Demak. 2) bagaimana peningkatkan keterampilan menyimak isi diskusi dengan model dan media tersebut. Dan 3) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas XI MA Ibrohimiyyah Brumbung Mranggen setelah mengikuti pembelajaran menyimak isi diskusi dengan model dan media tersebut. Berdasarkan teknik analisis data, dapat diketahui bahwa model SAVI dan media video interaktif debat kontroversial berbasis pendidikan karakter dapat meningkatkan keterampilan menyimak isi diskusi siswa kelas XI IPS MA Ibrohimiyyah Brumbung, Mranggen, Demak. Peningkatan keterampilan menyimak isi diskusi diketahu dari hasil tes prsiklus, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata kumulatif pada prasiklus mencapai 62,68 dengan kategori kurang pada rentang nilai 0-65. Nilai rata-rata kumulatif setelah dilakukan tindakan siklus I mengalami peningkatan menjadi 74,87 dengan kategori cukup pada rentang nilai 66-75. Pada siklus II, nilai rata-rata kumulatif mengalami peningkatan menjadi 82,93 dengan kategori baik pada rentang nilai 76-85. Saran yang dapat diberikan peneliti adalah (1) guru Bahasa Indonesia dapat memanfaatkan model dan media yang memotivasi siswa agar antusias untuk mengikuti proses pembelajaran. Salah satu alternatif dengan menggunakan model pembelajaran SAVI dan media video interaktif debat kontroversial berbasis pendidikan karakter, karena dapat meningkatkan kemampuan menyimak isi diskusi dan mengubah perilaku siswa kearah yang positif, dan (2) peneliti dalam bidang jurusan bahasa dan sastra Indonesia hendaknya melakukan penelitian di bidang keterampilan menyimak isi diskusi, khususnya menyimak isi diskusi dengan menitikberatkan pada aspek lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 03:27
Last Modified: 30 Dec 2016 03:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6343

Actions (login required)

View Item View Item