PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BEBASDENGAN MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) MENGGUNAKAN MEDIA KUMPULAN SAMPUL BERGAMBAR PADA SISWA KELAS VIII B SMP AL-FATTAH SEMARANG

Yuliatni, Ulfi (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BEBASDENGAN MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) MENGGUNAKAN MEDIA KUMPULAN SAMPUL BERGAMBAR PADA SISWA KELAS VIII B SMP AL-FATTAH SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (420kB) | Preview
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: menulis puisi, model CIRC, media Kumpulan Sampul Bergambar Berdasarkan obervasi awal, diketahui bahwa keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII B SMP Al-Fattah Semarang masih rendah dan perlu ditingkatkan. Siswa masih merasa kesulitan memilih kata, menentukan tema dan judul. Siswa juga merasa kesulitan membuat puisi yang kreatif dan menarik untuk ditulis. Selain itu, media yang digunakan guru dalam membelajarkan menulis puisimasih menggunakan cara-cara konvensional. Hal inilah yang membuat peneliti ingin melakukan penelitian di kelas tersebut.Berdasarkan paparan di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimakah pelaksanaan pembelajaran menulis puisi menggunakan model pembelajaran CIRC dengan media kumpulan sampul bergambar pada siswa kelas VIII-B SMP Al-Fattah Semarang, (2) Bagaimanakah peningkatan kemampuan siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi bebas menggunakan model pembelajaran CIRC dengan media kumpulan sampul bergambar (3) Bagaimanakah perubahan perilaku belajar siswa VIII-B SMP Al-Fattah Semarang setelah mengukuti pembelajaran menulis puisi bebas menggunakan model pembelajaran CIRC dengan media kumpulan sampul bergambar.Tujuan penelitin ini, yaitu (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis puisi menggunakan model pembelajaran CIRC dengan media kumpulan sampul bergambar pada siswa kelas VIII-B SMP Al-Fattah Semarang, (2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi bebas menggunakan model pembelajaran CIRC dengan media kumpulan sampul bergambar, (3) Mendeskripsikan perubahan perilaku belajar siswa VIII-B SMP Al-Fattah Semarang setelah mengukuti pembelajaran menulis puisi bebas menggunakan model pembelajaran CIRC dengan media kumpulan sampul bergambar. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, yaitu tindakan prasiklus, tindakan siklus I dan tindakan siklus II. Tiap-tiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan,tindakan, observasi, dan refleksi. Sebelum pelaksanaan tindakan prasiklus, peneliti melakukan tahap pratindakan yang berupa tes awal. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi bebas siswa kelas VIII B SMP Al-Fattah Semarang. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi dengan model CIRC dan media kumpulan sampul bergambar. Pengambilan data penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan nontes. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tugas yang berisi perintah menulis puisi berdasarkan media kumpulan sampul bergambar, sedangkan instrumen nontes yang digunakan adalah observasi, jurnal, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis puisi dengan media kumpulan sampul bergambar sebesar 19,87%. Nilai rata-rata kelas pada tahap prasiklus sebesar 66,54% dan mengalami peningkatan sebesar 12% menjadi 78,54 pada siklus I. Pada tindakan siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat sebesar 7,87% menjadi 86,41. Setelah digunakan model CIRC dan media kumpulan sampul bergambar, terjadi perubahan perilaku belajar siswa ke arah positif. Siswa yang sebelumnya merasa malas dan kurang aktif, pada siklus II semakin aktif dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan kepada guru agar menggunakan model CIRC media kumpulan sampul bergambar sebagai alternatif pada pembelajaran menulis puisi. Bagi siswa hendaknya mengikuti kegiatan pembelajaran menulis puisi dengan semangat dan berperilaku positif, sehingga siswa dapat menuangkan ide kreatif mereka secara bebas dalam bentuk puisi dengan baik danmenarik. Bagi peneliti lain hendaknya dapat melakukan penelitian serupa dengan media pembelajaran yang berbeda, sehingga diperoleh berbagai alternatif media pembelajaran menulis puisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 03:26
Last Modified: 30 Dec 2016 03:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6341

Actions (login required)

View Item View Item