Shoviyani, Fani (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS POSTER MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE BERBANTU MEDIA SERI KOMIK PENGETAHUAN ANAK I-CARE PADA SISWA KELAS VIII B MTS. HIDAYATUS SYUBBAN SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI_1.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
COVER_1.pdf Download (630kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_1.pdf Download (114kB) | Preview |
|
Text
BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
||
Text
BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) |
||
Text
BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
Publikasi.pdf Download (253kB) | Preview |
|
Text
BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Kata kunci :poster, Picture and Picture, Seri Komik Pengetahuan Anak I-Care Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan diketahui bahwa keterampilan menulis poster siswa kelas VIIIMTs.Hidayatus Subban masih kurang. Hal ini disebabkan karena dalam pembelajaran menulis poster, siswa kurang termotivasi untuk menulis poster, dan siswa kurang percaya diri dalam menulis poster. Berdasarkan paparan di atas, tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran menulis poster siswa kelas VIII B MTs.Hidayatus Subban setelah mengikuti pembelajaran menulis poster dengan model pembelajaran Picture and Picturedan media seri komik pengetahuan anak I-Care, (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis poster, dan (3) mendeskripsikan proses pembelajaran siswa kelas VIII BMTs.Hidayatus Subbansetelah mengikuti pembelajaran menulis poster dengan model pembelajaran Picture and Picturedan media seri komik pengetahuan anak I-Care. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga tahap, yaitu prasiklus, siklus I dan siklus II dengan subjek penelitian siswa kelas VIII B MTs. Hidayatus Subban yang berjumlah 36 siswa. Variabel penelitian dibagi menjadi dua yaitu variabel keterampilan menulis poster dan variabel penggunaan model pembelajaran Picture and Picturedan media seri komik pengetahuan anak I-Care. Instrumen penelitian instrumen tes dan instrumen nontes. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis poster siswa kelasVIII B MTs. Hidayatus Subban. Nilai rata-rata kelas pada prasiklus 56,25 dengan kategori kurang, siklus I nilai rata-rata kelas 62,52 kategori cukup, dan siklus II 81,55 dengan kategori baik, peningkatan dari prasiklus, siklus I ke siklus II sebesar 25,3%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan kepada guru agar pembelajaran menulis poster dengan model pembelajaran Picture and Picturedan media seri komik pengetahuan anak I-Caredapat dijadikan alternatif bagi guru untuk mengajar materi menulis poster.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Dec 2016 03:23 |
Last Modified: | 30 Dec 2016 03:23 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6298 |
Actions (login required)
View Item |