KEEFEKTIFAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TIPE KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI KELAS VIII

Rifai, Mochamad (2016) KEEFEKTIFAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TIPE KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI KELAS VIII. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (21MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning Tipe Konstruktivisme, Kemampuan Menulis Puisi. Pembelajaran sastra dapat memberikan pencerahan batin kepada siswa. Melalui pembelajaran sastra siswa dapat merasakan dan seakan mengalami berbagai peristiwa yang dibuat pengarang dalam sebuah karya sastra. Dengan merasakan dan seakan mengalami berbagai peristiwa yang sarat dengan nilai-nilai moral yang terdapat dalam sebuah karya sastra, siswa akan kaya nilai-nilai kehidupan. Salah satu bentuk karya sastra adalah puisi. Dalam proses pembelajaran terjadi proses interaksi antara guru dengan murid. Suasana yang dimunculkan sebaiknya menyenangkan, sehat, berdaya dan berhasil. Hal ini ditandai dengan adanya keterlibatan secara positif dan aktif baik dari guru maupun dari siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Mujahidin Mluweh kelas VIII yang berjumlah 64 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan sampling jenuh karena jumlah populasi relatif kecil, untuk kelas eksperimen sebanyak 34 siswa menggunakan Contextual Teaching and Learning Tipe Konstruktivisme dan 30 siswa di kelas kontrol. Kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda kemudian diberikan tes akhir yaitu tes kemampuan menulis puisi. Dari hasil tes yang diperoleh dilakukan analisis deskriptif yaitu untuk mengetahui rata-rata nilai kemampuan menulis puisi siswa kedua sampel dan dilanjutkan dengan melakukan analisis uji hipotesis untuk menjawab rumusan masalah dari penelitian. Dari analisis data yang telah dilakukan, kemampuan menulis puisi siswa dengan rata-rata pada kelas eksperimen yaitu 82,71 dan rata-rata pada kelas kontrol yaitu 77,33. Selisih kedua kelas tersebut yaitu 5,38. Kemudian karena kemampuan menulis puisi siswa kelas eksperimen 82,71 maka mencapai KKM. Model pembelajaran contextual teaching and learning tipe konstruktivisme efektif atau memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Rata-rata motivasi belajarnya yaitu sebesar 81,6 dengan klasifikasi sangat tinggi. Kemudian model pembelajaran contextual teaching and learning tipe konstruktivisme efektif atau memiliki pengaruh terhadap sikap belajar siswa. Rata-rata nilai sikap belajarnya yaitu 82,9 dengan klasifikasi sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 03:23
Last Modified: 30 Dec 2016 03:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6291

Actions (login required)

View Item View Item