PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VII MTs Al-ISLAM SUMURREJO DENGAN MODEL SINEKTIK DAN MEDIA LINGBAR (LINGKARAN BERGAMBAR)

Puspitasari, Anggun Rizki Dwi (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VII MTs Al-ISLAM SUMURREJO DENGAN MODEL SINEKTIK DAN MEDIA LINGBAR (LINGKARAN BERGAMBAR). Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRACT.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 DAFTAR ISI.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB)

Abstract

Kata kunci: Keterampilan menulis puisi, model sinektik, dan media lingbar (lingkaran bergambar). Keterampilan menulis puisi merupakan salah satu materi yang harus dipelajari siswa kelas VII MTs Al- Islam Sumurrejo. Selain guru yang berkompeten, juga diperlukan model dan media yang tepat dalam pembelajaran menulis puisi. Rata-rata nilai kelas prasiklus belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Maka diperlukan model sinektik dan media lingbar (lingkaran bergambar) untuk meningkatkan nilai siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana peningkatan hasil belajar, (2) bagaimana peningkatan sikap belajar, dan (3) bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa kelas VII MTs Al- Islam Sumurrejo dalam menulis puisi dengan model sinektik dan media lingbar, serta (4) bagaimana peningkatan kinerja guru dalam menulis puisi dengan model sinektik dan media lingbar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskipsikan peningkatan hasil belajar siswa, mendeskripsikan peningkatan sikap belajar siswa, dan mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa, serta mendeskripsikan peningkatan kinerja guru dalam menulis puisi dengan model sinektik dan media lingbar. Prosedur penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi siswa kelas VII MTs Al- Islam Sumurrejo. Variabel penelitian ini adalah menulis puisi bertemakan keindahan alam, model sinektik, dan media lingbar. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik tes dan nontes, yang terdiri atas pengamatan atau observasi, wawancara, jurnal, kuesioner atau angket dan dokumentasi foto. Hasil tes tahap prasiklus mencapai nilai rata-rata sebesar 42,58, pada tahap siklus I mencapai nilai rata-rata 59,70, dan pada tahap siklus II mencapai nilai rata-rata 76,06. Sedangkan hasil nontes sikap belajar tahap prasiklus nilai rata-rata 53,19, tahap siklus I nilai rata-rata 55,22, dan tahap siklus II nilai rata-rata 56,12. Hasil motivasi siswa pada tahap prasiklus nilai rata-rata 54,83, pada tahap siklus I nilai rata-rata 58,51 dan pada tahap siklus II nilai rata-rata 58,93. Hasil angket kinerja guru pada tahap prasiklus jumlah skor 67, pada tahap siklus I jumlah skor 74 dan pada tahap siklus II jumlah skor 79. Berdasarkan hasil tes dan nontes, nilai siswa meningkat. Siswa juga lebih antusias untuk mengikuti pembelajaran menulis puisi menggunakan model sinektik dan media lingbar. Oleh karena itu, hendaknnya guru Bahasa Indonesia kelas VII MTs Al- Islam Sumurrejo menerapkan model sinektik dan media lingbar dalam pembelajaran menulis puisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 03:22
Last Modified: 30 Dec 2016 03:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6289

Actions (login required)

View Item View Item