ANALISIS PENGARUH PEMAHAMAN AKUNTANSI DAN MATA KULIAH BERSYARAT TERHADAP IPK MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi di Semarang)

Astuti, Dwi (2015) ANALISIS PENGARUH PEMAHAMAN AKUNTANSI DAN MATA KULIAH BERSYARAT TERHADAP IPK MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi di Semarang). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Skripsi Dwi Astuti - 3140.120.4672_1cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Dwi Astuti - 3140.120.4672_1abstrak.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Dwi Astuti - 3140.120.4672_1daftar isi.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan replikasi dari penelitian Syarifah Rubiah (2012). Tujuan dari penelitian ini adalah unutk menguji pengaruh pemahaman akuntansi dan mata kuliah bersyarat terhadap IPK (Indeks prestasi kumulatif). Pemahaman akuntansi dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan variabel antara lain: aktiva, kewajiban, modal, dan beban. Sedangankan untuk variabel mata kuliah bersyarat yang dijadikan ukuran antara lain: pengantar akuntansi, akuntansi keuangan menengah, akuntansi keuangan lanjutan, dan Auditing. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuisioner. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi di beberapa perguruan tinggi di kota semarang tahun 2014, sedangkan yang dijadikan sample adalah sebanyak 34 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian empiris atau kuantitatif. Metode pengambilan sample yang digunakan adalah random sampling atau sample acak. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linear berganda. Hasil penelitian analisis linear berganda menunjukkan variabel pemahaman akuntansi dan mata kuliah bersyarat berpengaruh secara signifikan terhadap ipk. Hasil uji t pada variabel pemahaman akuntansi diperoleh nilai thitung = 4,962 dengan sig = 0,00 < 5%, sedangakan pada variabel mata kuliah bersyarat diperoleh nilai thitung = 4,423 dan sig = 0,000 = 0,% < 5%, dengan demikian hipotesis H1 dan H2 diterima. Kata Kunci : Pemahaman akuntansi, mata kuliah bersyarat, IPK

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Aug 2015 07:05
Last Modified: 19 Aug 2015 07:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/584

Actions (login required)

View Item View Item