HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PENERIMAAN ORANGTUA YANG MEMILIKI ANAK DISABILITAS INTELEKTUAL DI SLB WIDYA BHAKTI SEMARANG

Firdaus, Marta Dian (2016) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PENERIMAAN ORANGTUA YANG MEMILIKI ANAK DISABILITAS INTELEKTUAL DI SLB WIDYA BHAKTI SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Psikologi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text
BAB I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (57kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji secara empiric hubungan dukungan sosial dengan penerimaan orangtua di SLB Widya Bhakti Semarang. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan positif antara dukungan sosial dengan penerimaan orangtua di SLB Widya Bhakti Semarang. Populasi penelitian adalah Orangtua murid SLB Widya Bhakti Semarang. Sampel penelitian berjumlah 37 siswa yang diambil dengan teknik sampling jenuh. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik product moment. Data dukungan sosial dan penerimaan orangtua pada siswa diperoleh dengan metode skala yaitu dengan skala dukungan sosial dan skala penerimaan orangtua. Hasil penelitian menujukkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara dukungan sosial dengan penerimaan orangtua di SLB Widya Bhakti Semarang. Hal ini dapat dilihat dari hasil r = 0,693dan r2 = 0,48 dengan taraf signifikansi p = 0,000 (p<0,01). Koefisien determinasi sebesar 0,48 sehingga sumbangan efektif dukungan sosial pada penerimaan orangtua sebesar 48%. Hal ini berarti bahwa 52% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, seperti kematangan orangtua, pendidikan, pemahaman, keyakinan agama, keharmonisan perkawinan, kondisi finansial, sikap para ahli yang mendiagnosa anak, dan persepsi mengenai individu yang menyandang disabilitas intelektual. Kata kunci: Penerimaan Orangtua, Dukungan Sosial, Disabilitas Intelektual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 11 Nov 2016 01:52
Last Modified: 11 Nov 2016 01:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5821

Actions (login required)

View Item View Item