Zarlina, Zarlina (2016) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENDIDIKAN AKHLAK SISWA DI SD NEGERI SEKAYU KOTA SEMARANG. Masters thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.
|
Text
COVER_1.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI_1.pdf Download (19kB) | Preview |
|
Text
BAB I_1.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
||
Text
BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (14kB) |
||
Text
BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) |
||
Text
BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
||
Text
BAB VI_1.pdf Restricted to Registered users only Download (23kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf Download (115kB) | Preview |
Abstract
Tesis ini merupakan kajian tentang PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENDIDIKAN AKHLAK SISWA DI SD NEGERI SEKAYU KOTA SEMARANG, dengan masalah, yaitu : bagaimana pendidikan akhlak di SD negeriu Sekayu kota semarang ? bagaimana peranan guru pendidikan agama islam dalam pendidikan akhlak siswa di SD Negeri Sekayu Kota Semarang, yang dilakukan dalam rangka pengembangan SD Negeri Sekayu Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan akhlak di SD Negeri Sekayu Kota Semarang. Untuk mengetahui focus penelitian tersebut, maka peneliti menggunakan penelitian kualitas dalam melakukan pengumpulan data melalui penelitian lapangan dengan menggunakan tiga cara yaitu , observasi, wawancara dan dokumenntasi. Pada kegiatan penerapan pendidikan akhlak untuk memperoleh data secara valid. Subyek peneliti adalah kepala sekolah, guru. Hasil peneliti menunjukkan bahwa dalam meningkatkan pendidikan akhlak di SD Negeri Sekayu Kota Semarang yaitu baik karena dilakukan dengan cara pembiasaan yang baik dan disiplin yang dilakukan guru dengan peserta didik, mulai masuk sekolah sampai keluar sekolah sehingga dapat menjadi tabiat dan karakter Kehidupan sehari-hari, artinya kegiatan tersebut akan membentuk akhlak dan kepribadian peserta didik karena perilaku peserta didik akan timbul secara spontan, dan peranan guru dalam pendidikan akhlak siswa di SD Negeri Sekayu Kota Semarang adalh memberikan ilmu pengetahuan dan melaksanakan pembinaan atau pendidikan akhlak kepada peserta didik, yaitu guru harus mampu mendidik siswanya menjadi anak yang baik secara lahiriyah dan batiniyah , artinya secara lahiriyah, guru harus mampu mengarahkan dan merubah siswanya dari yang kurang baik perilakunya menjadi baik, dari yang kurang pintar menjadi berprestasi, baik itu didalam kelas maupun di luar kelas. Sedangkan secara bathiniyah, guru harus mampu memberikan siraman rohani atau nasehat dikala peserta didik menghadapi goncangan jiwa atau permasalahan yang pelik dan sulit. Kata kunci : Peranan Guru, PAI, Akhlak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 19 Oct 2016 02:50 |
Last Modified: | 19 Oct 2016 02:50 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5660 |
Actions (login required)
View Item |