Tuslam, Tuslam (2016) PENERAPAN STRATEGIPEMBELAJARANAKTIF DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DI MI MUHAMMADIYAH MASARAN KECAMATAN BAWANGKABUPATEN BANJARNEGARATAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.
|
Text
COVER_1.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI_1.pdf Download (787kB) | Preview |
|
Text
BAB I_1.pdf Restricted to Registered users only Download (801kB) |
||
Text
BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (797kB) |
||
Text
BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (813kB) |
||
Text
BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (899kB) |
||
Text
BAB VI_1.pdf Restricted to Registered users only Download (790kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf Download (790kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimanakah guru menerapkan Strategi Pembelajaran AktifDalam Pembelajaran Fikih Di MI Muhammadiyah Masaran Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2015/2016.Subyek dalam penelitian iniyaitu guru mata pelajaran Fikih di MI Muhammadiyah Masaran. Untuk memperoleh data penelitian digunakan tiga teknik pengumpulan data : 1) dokumentasi, peneliti menggunakan jenis dokumen internal untuk mendapatkan data mengenai gambaran umum MI Muhammadiyah Masaran Serta jenis dokumen eksternal untuk dijadikan tolak ukur (indikator) dalam menganalisis data yang diperoleh di lapangan. 2) wawancarauntuk mendapatkan informasi-informasi yang lebih jelas, lengkap dan sedalam-dalamnya tentang penerapan strategi Pembelajaran Aktif, 3) Observasi, untuk mengetahui secara langsung proses pembelajaran Fikih di MI Muhammadiyah Masaran. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa; Perencanaan strategi pembelajaran aktif dilakukan guru fikih di MI Muhammadiyah Masaran dengan membuat perangkat pembelajaran, salah satunya membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.Langkah-langkah pembelajaran yang yang dibuat memuat EEK (Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi), artinya guru membuat perencanaan yang mengaktifkan siswa dalam kegiatan pembelajaran.Pelaksanaan pembelajaran fikih dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif di kelas V MI Muhammadiyah Masaran Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara dilaksanakan dengan materi "tata cara haji",guru mapel fikih dalam pembelajarannya menerapkan strategi pembelajaran aktifdengan cara membagi siswa kedalam lima kelompok dan melakukan diskusi, selain itu guru juga menata tempat duduk siswa agar interaksi siswa dan guru bisa maksimal.Sedangkan pada evaluasi pembelajaran fikih, guru fikih di kelas V MI Muhammadiyah Masaran melaksanakan evaluasi dalam proses dan setelah proses pembelajaran. Dalam melakukan evaluasi pembelajaran guru fikih MI Muhammadiyah Masaran menggunakan enam prinsip yang dapat menjadikan keaktifan siswa dalam pembelajaran yaitu; 1) Pembelajaran berpusat pada peserta didik (student centered), dan guru sebagai fasilitator.2) Menekankan pada pencapaian target kompetensi dari peserta didik dalam penguasaan materi. 3) Mengakomodasi keragaman dan sumber daya pendidikan yang tersedia. 4) Pembelajaran dilakukan dengan pendekatan metode yang bervariasi. 5) Sumber belajar yang tidak terbatas pada guru. 6) Penilaian meliputi berbagai aspek yang menekankan pada proses dan hasil dengan standar pencapaian suatu kompetensi Kata kunci : Strategi Pembelajaran Aktif, Mata Pelajaran Fiqih, MI Muhammadiyah Masaran
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 19 Oct 2016 02:50 |
Last Modified: | 19 Oct 2016 02:50 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5657 |
Actions (login required)
View Item |