IMPLEMENTASI ACTIVE LEARNING METODE INDEX CARD MATCH DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP SE-KECAMATAN TLOGOWUNGU KABUPATEN PATI

Rodli, Muh. Ali (2016) IMPLEMENTASI ACTIVE LEARNING METODE INDEX CARD MATCH DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP SE-KECAMATAN TLOGOWUNGU KABUPATEN PATI. Masters thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (79kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan implementasi metode index card match dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP se-Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati. Di SMP Negeri 1 Tlogowungu, ketika siswa diminta mendalami materi dalam buku, mereka enggan membaca malah berbicara dengan teman sebangkunya. Sementara itu siswa SMP Negeri 2 Tlogowungu mengalami kesulitan menemukan pasangan kartu yang dipegangnya, sehingga pembelajaran sedikit terhambat. Penelitian ini bertujuan: mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP se-Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati dengan menggunakan metode index card match. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan melalui pengamatan langsung ke lokasi yang dijadikan objek penelitian yang berorientasi pada temuan atau gejala yang bersifat alami. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tlogowungu dan SMP Negeri 2 Tlogowungu. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, kepala sekolah, dan siswa SMP Negeri 1 Tlogowungu dan SMP Negeri 2 Tlogowungu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interviu dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi metode index card match direncanakan dengan mempertimbangkan tujuan pembelajaran, materi pelajaran, siswa, situasi kelas, media pembelajaran, fasilitas kelas, dan alokasi waktu. Rencana pembelajaran dengan metode index card match yang disusun sudah memenuhi standar yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan. Langkah-langkah metode index card match yang disiapkan juga sesuai dengan teori metode index card match. (2) Pembelajaran yang disajikan oleh guru Pendidikan Agama Islam sudah sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan sesuai dengan teori metode index card match. Namun terdapat dua sampai empat siswa yang motivasi belajarnya rendah membuat pembelajaran sedikit terhambat. (3) Penggunaan metode index card match dalam pembelajaran menjadikan sebagian besar siswa antusias belajar. Metode index card match juga membantu siswa lebih memahami materi pelajaran dan mengingatnya dalam waktu lama. Tetapi masih terdapat beberapa siswa yang kurang berminat terhadap pembelajaran dengan metode ini karena minat belajarnya rendah. Penyebabnya antara lain keluarga yang kurang mendukung, pengaruh buruk lingkungan dan dampak negatif kemajuan teknologi. Masalah ini menjadi tugas yang harus diatasi oleh civitas akademik sekolah dan orang tua siswa. Kata kunci: active learning, index card match, pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Oct 2016 02:49
Last Modified: 19 Oct 2016 02:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5647

Actions (login required)

View Item View Item