Nurhayati, Annisa (2016) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN INTERNET DAN TELEKOMUNIKASI KHUSUS PENGGUNA TELKOMSEL DI WILAYAH SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (608kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (108kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) | Preview |
Abstract
Perlindungan hukum terhadap konsumen menyangkut dalam banyak aspek kehidupan terutama dalam aspek kehidupan konsumen yang banyak sekali mengalami kerugian. Pelayanan internet dan telekomunikasi saat ini sangat di butuhkan oleh masyarakat. Jika pada era yang lalu, kegiatan manusia lebih di dominasi dengan kegiatan yang menggunakan sarana fisik, akan tetapi pada era teknologi ini kegiatan manusia sudah banyak ditunjang oleh peralatan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Pokok rumusan permasalahan ini adalah masalah-masalah yang timbul dalam penggunaan terhadap pelayanan internet dan telekomunikasi di wilayah Semarang dan bagaimana perlindungan hukum terhadap konsumen terhadap pelayanan internet dan telekomunikasi di wilayah Semarang. Metode penelitian ini mengggunakan metode yuridis empiris, jenis data yang digunakan adalah primer yang bersumber dari studi lapangan dan studi kepustakaan, kemudian penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa pelayanan Internet dan telekomunikasi bagi konsumen adalah bagaimana pihak PT. Telkom hanya memberikan semacam kontrak berlangganan maupun pemberitahuan bila terjadi gangguan dalam menggunakan intenet wireless sedangkan dalam kontrak berlangganan pihak Konsumen tersebut hanya bisa menerima dan tidak menerima ketentuan hak dan kewajiban pelanggan walaupun seharusnya PT. Telkom melakukan kewajibanyya terdahulu sebelum menerima haknya begitu pula Konsumen harus melakukan kewajibanya terdahulu sebagai pelanggan sebelum memberitahu kedudukanya atau haknya sebagai Konsumen. Kesimpulan bagi pihak PT. Telkom adalah pihak penyedia jasa tersebut harus memberikan memberikan kewajibanya untuk Konsumen. Saran bagi PT. Telkom, memberikan perlindungan hukum dan solusi kepada konsumen. Kata kunci: Perlindungan Konsumen, Pelayanan Internet dan Telekomunikasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 12 Oct 2016 01:49 |
Last Modified: | 12 Oct 2016 01:49 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5477 |
Actions (login required)
View Item |