Aini, Dhie Adhalia Nurul (2016) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP MANDIRI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME BERBANTUAN KARTU BILANGAN DI KELAS IV SDN KALISARI 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
Text
bab I_1.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text
daftar isi_1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
abstrak_1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
cover_1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
bab II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
|
Text
daftar pustaka_1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
bab IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
bab V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
bab III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Hasil refleksi belajar matematika saat ulangan harian siswa kelas 4B SD Negeri Kalisari 01 Kecamatan Sayung Kabupaten Demak tahun ajaran 2015/2016, nilai siswa banyak yang belum mencapai KKM (60) dari jumlah siswa 30. Data nilai siswa yang memenuhi KKM hanya ada 10 siswa (3,33%), dan nilai yang belum memenuhi KKM ada 20 siswa (66,7%). Hal itu menunjukkan pemahaman konsep siswa dalam belajar matematika masih rendah. Sedangkan model pembelajaran yang diterapkan guru saat pembelajaran, belum menunjukkan sikap mandiri siswa dalam belajar matematika. Berkaitan dengan masalah pembelajaran tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dan sikap mandiri siswa dalam belajar matematika materi bilangan bulat melalui model pembelajaran Konstruktivisme berbantuan kartu bilangan di kelas IV SD Negeri Kalisari 01 Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Kalisari 01 Sayung berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes. Adanya peningkatan pemahaman konsep siswa ditunjukkan dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklusnya. Pemahaman konsep siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 63,8 dengan persentase ketuntasan belajar 52%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 79,8 dengan persentase ketuntasan belajar 90 %. Adanya peningkatan sikap mandiri siswa ditunjukkan dengan peningkatan sikap mandiri siswa dalam kegiatan pembelajaran dalam setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh jumlah skor keseluruhan 444 dan persentase dari jumlah skor sebesar 61,6 % dengan kriteria sikap mandiri siswa cukup baik. Pada siklus II diperoleh jumlah skor keseluruhan 599 dan persentase dari jumlah skor sebesar 83,1% dengan kriteria sikap mandiri siswa sangat baik. Sedangkan hasil angket diperoleh persentase 82,8 % dengan kriteria sikap mandiri siswa sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran konstruktivisme berbatuan kartu bilangan dapat meningkatkan pemahaman konsep dan sikap mandiri siswa kelas IV SD Negeri Kalisari 01 Sayung. Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Sikap Mandiri, Model Pembelajaran Konstruktivisme
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 11 Oct 2016 02:54 |
Last Modified: | 11 Oct 2016 02:54 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5379 |
Actions (login required)
View Item |