PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DI KELAS IV SDN BUARAN

Izzati, Aqmarina (2016) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DI KELAS IV SDN BUARAN. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
cover_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
bab I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
bab V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas IV SDN Buaran Pekalongan. Metode Pengumpulan data menggunakan observasi yang dipakai untuk mengamati motivasi siswa. Latar Belakang Penelitian ini adalah ada beberapa siswa yang mendapatkan nilai ulangan harian PKn rendah (di bawah KKM 75). Hal ini dapat dilihat dari faktor siswa yang kurang ikut serta dalam mengikuti proses pembelajaran, banyak siswa yang bermain sendiri, dan kesulitan dalam menyampaikan pendapat sehingga menghambat proses belajar. Adapun faktor yang membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran seperti, guru belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa belum terlihat aktif dalam pembelajaran. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah” apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn tahun ajaran 2015/2016?”. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan yang signifikan. Terbukti ketuntasan belajar klasikal dari analisis data menunjukkan peningkatan dari siklus 1 63,63% meningkat pada siklus II ketuntasan klasikal 86,36% sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu 85%. Peningkatan motivasi siswa dalam belajar menunjukkan peningkatan yang baik, dibuktikan pada siklus 1 skor tara-rata motivasi 60,78% masuk dalam kategori B (baik) dan pada siklus II meningkat menjadi 86,42% dengan kategori sangat baik dan memenuhi indikator keberhasilan yaitu 85%. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian, dan pembahasan maka pada penelitian ini dapat disampaikan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dapat meningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Buaran Pekalongan tahun ajaran 2015/2016. Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya guru lebih kreatif dan bervariasi menggunakan model pembelajaran dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan semangat dan motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Dalam hal ini motivasi siswa dalam belajar sangat penting untuk menunjang peningkatan prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe numbered head together, motivasi, dan prestasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2016 02:53
Last Modified: 11 Oct 2016 02:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5375

Actions (login required)

View Item View Item