Rosita, Desy Ayu (2016) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR PKn PADA MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI MELALUI MODEL PEMBELARAN ROLE PLAYING DI KELAS V SD ISLAM AL-FATTAH. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
abstrak_1.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
cover_1.pdf Download (509kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi_1.pdf Download (192kB) | Preview |
|
Text
bab II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
||
Text
bab I_1.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
||
Text
bab III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
||
Text
bab V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
||
|
Text
daftar pustaka_1.pdf Download (99kB) | Preview |
|
Text
bab IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (916kB) |
Abstract
Penelitian yang dilakukan dikarenakan prestasi belajar mata pelajaran PKn masih rendah dibuktikan dengan hasil nilai yang diperoleh di bawah KKM. Selain itu rasa ingin tahu siswa yang masih rendah, terbukti dari siswa yang dapat mengerjakan soal sesuai dengan yang diajarkan gurunya saja. Penelitian yang dilaksankan termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian di SD Islam Al-Fattah kecamatan Gayamsari Kota Semarang pada kelas V dengan menggunakan model role playing bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dan rasa ingin tahu pada mata pelajaran PKn materi kebebasan berorganisasi. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus. Pada tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Pada siklus I pertemuan 1 rasa ingin tahu mendapat presetase 54,88% dengan kriteria cukup baik dan siklus I pertemuan 2 mendapat presntase 57,85% dengan kriteria cukup baik. pada siklus II pertemuan 1 mandapat presentase 93,92% dengan kriteria sangat baik dan siklus II pertemuan 2 mendapat presentase 96,19%. Siklus I presentase ketuntasan klasikalnya 52,38% Siklus II presentase ketuntasan klasikalnya 90,47%. Dapat disimpulkan bahwa model role playing dapat meningkatkan prestasi belajar dan rasa ingin tahu di kelas V SD Islam Al-Fattah. Dengan model role playing diharapkan SD Islam Al-Fattah dapat menerapkan model ini saat pembelajaran dan carilahmateri yang sesui untuk dapat model role playing. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Rasa Ingin Tahu, Model Role Playing
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 04 Oct 2016 06:16 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 06:16 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5362 |
Actions (login required)
View Item |