PENINGKATAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DI KELAS IV SDN GEBANGSARI 01

Sari, Ika Komala (2016) PENINGKATAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DI KELAS IV SDN GEBANGSARI 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Sampul.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi_1.pdf

Download (924kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan disiplin dan prestasi belajar IPS pada siswa Kelas IV SD Negeri Gebangsarai 01 Semester II tahun pelajaran 2015/2016. Penelitan ini dilakukan kepada siswa kelas IV SD Negeri Gebangsari 01 semester II tahun pelajaran 2015/2016 melalui metode Group Investigation. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan tes atau penugasan, sedangkan analisis data dilakukan dengan model interaktif. Sedangkan aktivitas dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai proses siklus. Sikap disiplin belajar siswa dari siklus 1 ke siklus II terdapat peningkatan: aspek bekerja sama dan kedisiplinan dalam berdiskusi dari cukup baik menjadi amat baik; aspek mengerjakan tugas dari cukup baik menjadi amat baik; aspek menjawab pertanyaan dari cukup baik menjadi amat baik; dan aspek motivasi belajar dari cukup baik menjadi amat baik. Begitu pula dalam penilaian aktivitas guru saat melakukan penelitian mengalami peningkatan dari siklus 1 meningkat di siklus 2 Hasil ulangan harian siklus II mengalami peningkatan dibanding dengan kondisi awal ketuntasan siswa 75% menjadi 87.5% meningkat 16%. Nilai rata-rata kelas dari 71.68 menjadi 87.12. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui metode Group Investigation dapat meningkatkan disiplin dan prestasi belajar IPS materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi pada siswa kelas IV SD Negeri Gebangsari 01 Semester 1I tahun pelajaran 2015/2016. Kata Kunci : Disiplin, Prestasi Belajar, Metode Group Investigation

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 04 Oct 2016 06:15
Last Modified: 04 Oct 2016 06:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5357

Actions (login required)

View Item View Item