PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DI KELAS V SDN 05 GOMBONG

Hafidoh, Anis (2016) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DI KELAS V SDN 05 GOMBONG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
cover_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
bab II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka_1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas V SDN 05 Gombong, menunjukan bahwa tanggung jawab siswa msih kurang dan dalam proses pembelajaran masih didominasi oleh peran guru. Pembelajaran yang dilaksanakan masih konvensional, yaitu menggunakan metode ceramah dan guru tidak menggunakan model pembelajaran dalam menyampaikan materi ajar. Hal ini mengakibatkan kurangnya sikap tanggung jawab dan kurang maksimalnya prestasi belajar yang dicapai siswa. Sehingga pada penelitian ini, peneliti memilih salah satu model pembelajaran kooperatif yaitu tipe NHT. Tujuan yang dicapai adalah untuk meningkatkan sikap tanggung jawab dan prestasi belajar siswa serta mendiskripsikan aktivitas guru. Dan mendiskripsikan kendala yang dihadapi siswa pada saat berlangsungnya pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini menggunakan teknik analisis pengumpulan data untuk memperoleh data melalui metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dan disajikan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap tanggung jawab rata-rata nilai yang diperoleh pada siklus I sebesar 1638,5 (66,20%), siklus II sebesar 2240 (90,50%). Hasil penelitian prestasi belajar siswa dengan nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I 77,27, siklus II 84,09. Dari hasil penelitian juga menunjukan adanya peningkatan aktivitas guru dengan nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I sebesar 74,5 (74,5%), siklus II 93 (93%). Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan sikap tanggung jawab dan prestasi belajar siswa. Kata kunci: tanggung jawab, prestasi belajar, pkn, pembelajaran kooperatif tipe NHT

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 04 Oct 2016 06:15
Last Modified: 04 Oct 2016 06:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5356

Actions (login required)

View Item View Item