PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL ROLE PLAYING DI KELAS V SD 2 KEDUNGDOWO

Hidayati, Intan Noor (2016) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL ROLE PLAYING DI KELAS V SD 2 KEDUNGDOWO. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
cover_1.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak_1.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi_1.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text
bab I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text
bab II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
bab III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
bab IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text
bab V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka_1.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penerapan model Role Playing dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD 2 Kedungdowo, kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Tiap siklus dilaksanakan selama dua kali pertemuan yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaa, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD 2 Kedungdowo yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Adanya peningkatan tanggung jawab siswa yang ditunjukkan dalam setiap siklusnya, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 3,00 dengan kriteria cukup baik. Pada siklus II diperoleh rata-rata 3,50 dengan kriteria baik. Adanya peningkatan tanggung jawab yang ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan persentase ketuntasan kelas 60,2%. Pada siklus II dengan persentase ketuntasan kelas 70,17%. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa model Role Playing dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa di kelas V SD 2 Kedungdowo dan peneliti mengajukan saran agar menggunakan media yang lebih menarik dan media pendukung lainnya dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing, karena selain lebih menarik siswa juga akan lebih aktif dalam proses pembelajaran. Selama proses pembelajaran Role Playing guru membimbing siswa untuk dapat aktif dalam memerankan materi yang disampaikan. Kata Kunci: Tanggung Jawab, Prestasi belajar, Model Role Playing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Sep 2016 04:16
Last Modified: 30 Sep 2016 04:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5342

Actions (login required)

View Item View Item