PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLEDI KELAS V SDN 02 PELANG

Husna, Alvina Nihayatul (2016) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLEDI KELAS V SDN 02 PELANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img] Text
bab I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
bab III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
bab II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
abstrak_1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
bab IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
bab V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
daftar isi_1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover_1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak_1.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalah yaitu rendahnya rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi kebebasan berorganisasi. Rendahnya rasa ingin tahu siswa disebabkan oleh berbagai faktor, guru masih menggunakan metode teacher center dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan proses pembelajaran menjadi pasif dan membosankan, juga menyebabkan rendahnya prestasi belajar siswa tentang materi kebebasan berorganisasi.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan model penelitian tindakan kelas dari Kemmis & McTaggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Keempat tahapan tersebut dilaksanakan dalam dua siklus dimana tiap siklus difokuskan pada materi kebebasan berorganisasi dengan model pembelajara Example Non Example.Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 02 Pelang dengan subjek penelitian kelas V yang berjumlah 20 siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa.Setelah melaksanakan penelitian, terlihat adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan presentase ketuntasan 68,43%. Pada siklus II dengan presentase ketuntasan 90%. Kemudian adanya peningkatan rasa ingin tahu siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek-aspek rasa ingin tahu siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I dengan presentase 62,95% dengan kriteria rasa ingin tahu cukup. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu, dengan presentase 86,1% dengan kriteria rasa ingin tahu sangat baik.Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Example non Example dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa di kelas V SDN 02 Pelang. Kata Kunci: Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, Model Example non Example

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 29 Sep 2016 09:02
Last Modified: 29 Sep 2016 09:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5341

Actions (login required)

View Item View Item