PENINGKATAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS IV SD NEGERI SRIWULAN 1

Ratnasari, Dewi (2016) PENINGKATAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS IV SD NEGERI SRIWULAN 1. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
cover_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak_1.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img] Text
bab I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
bab III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
bab V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text
bab IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka_1.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri Sriwulan 1 tahun pelajaran 2015/2016 masih rendah hal itu disebabkan karena disiplin siswa yang masih rendah. Oleh karena itu perlu upaya untuk meningkatkan disiplin dan prestasi belajar siswa dengan cara menerapkan model yang lebih efektif, salah satunya adalah melalui penerapan model Think Pair Share (TPS). Desain penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, meliputi: perencanaan, pelaksanaan & observasi, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Data hasil tes merupakan data hasil pre test dan post test. Sedangkan data hasil non tes merupakan data hasil perolehan lembar observasi, lembar pengamatan sikap siswa. Berdasarkan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata post test sebesar 64,4%, persentase ketuntasan belajar 63,6%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80,2%, persentase ketuntasan belajar 81,8%. Data nontes nilai sikap disiplin siswa pada siklus I sebesar 65,3% dan siklus II meningkat menjadi 80,4%. Dari hasil perolehan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran TPS pada pembelajaran energi alternatif siswa kelas IV SD Negeri Sriwulan 1 dapat meningkatkan disiplin dan prestasi belajar siswa. Kata kunci: Disiplin, Prestasi Belajar, Think Pair Share

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 29 Sep 2016 02:20
Last Modified: 29 Sep 2016 02:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5333

Actions (login required)

View Item View Item